Terkini

Menulis Karya Ilmiah Anti Plagiarisme

Hari Rabu, 15 Maret 2018, tepatnya pukul 09.00 s/d 12.00 WIB, tim pengelola Konsorsium Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta kembali melaksanakan kegiatan rutin diskusi dosen. Topik yang diangkat kali ini adalah “Menulis Karya Ilmiah Anti Plagiarisme”.

Tema plagiarisme pada kegiatan diskusi kali ini diangkat mengingat pentingnya aspek plagiarisme untuk dihindari dalam penulisan karya ilmiah, khususnya bagi para dosen, termasuk pula pada penulisan skripsi oleh mahasiswa. Diskusi ini diharapkan semakin meningkatkan kualitas karya ilmiah, sebagai salah satu kunci untuk publikasi pada jurnal-jurnal bereputasi, baik skala nasional maupun internasional.

Narasumber pada diskusi kali ini adalah Jasanta Peranginangin, yang merupakan salah satu dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta, sekaligus kandidiat doktor pada Pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi UNDIP Semarang. Pengalaman beliau yang telah mempublikasikan 3 (tiga) artikelnya pada jurnal internasional terindeks Scopus menjadikan diskusi kali ini sangat memberikan motivasi dan inspirasi bagi para dosen untuk dapat melakukan publikasi pada jurnal internasional bereputasi.

Materi yang didiskusikan pada diskusi ini diantaranya: definisi plagiarisme, jenis plagiarisme, strategi menulis naskah 20 halaman, membuat deskripsi kalimat dalam setiap paragraf, dan menghindari plagiarisme dengan menulis naskah berdasarkan pada hasil statistik. Selain dipungkasi dengan sesi tanya jawab, disampaikan juga masukan dari peserta agar forum diskusi ini kedepan lebih fokus dan memanfaatkan relasi yang ada untuk melakukan kolaborasi penulisan karya ilmiah, sehingga kuantitas publikasi internasional para dosen dapat semakin meningkat. (usn)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]