Informasi Kegiatan Terkini

FGD Review Borang AKS

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyusunan borang, Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) review penyusunan borang Prodi AKS bersama narasumber (reviewer) bapak Dr. Anton Bawono. Kegiatan dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 8 Maret di ruang 209 FEBI. Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FEBI, Bapak Drs. H. Sri Walyoto, Ph.D. selain itu, FGD ini dihadiri pula oleh jajaran dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Diawal penyampaian hasil review, narasumber memberikan apresiasi atas hasil penyusunan borang yang telah dilakukan oleh tim penyusun borang. Beliau menyampaikan bahwa secara umum, penyusunan borang sudah dilakukan dengan baik. Narasi setiap borang telah dideskripsikan dengan gaya dan tata bahasa yang baik, dan beberapa pengembangan-pengembangan yang telah dibuat menunjukkan keunikan dari borang Prodi AKS.
Setelah menyampaikan apresiasi tersebut, beliau memberikan beberapa catatan untuk menjadi bahan evaluasi dan perbaikan penyusunan borang. Diantara catatan-catatan tersebut yaitu: (1) beliau mengingatkan bahwa dalam penyusunan borang, tim juga harus berhati hati ketika dalam penyusunan evaluasi diri (hindari plagiarisme), karena meskipun nilainya kecil, tetapi aspek ini menjadi catatan penting bagi para asesor, (2) dekipsi visi Prodi harus ditambahkan penjelasan maksud dari visi “unggul” dan “islami” nya, (3) pada borang 3 harus berhati-hati dalam mengisi kolom jumlah, tidak semuanya harus dijumlahkan, (4) evaluasi kekeliruan perhitungan SKS mengajar dosen agar disesuaikan dengan catatan yang sudah ada dalam templet borang, (5) deskripsi kompetensi lulusan perlu ditambahkan deskripsi umum tentang kompetenesi lulusan dihubungkan dengan kelompok mata kuliah (mata kuliah Institut, Fakultas dan Prodi), (6) koreksi atas jumlah langganan jurnal, yang dihitung bukan jumlah volume tetapi jumlah (nama) jurnalnya, (7) kerjasama harus ditambahkan penjelasan bentuk manfaat kedua belah pihak, serta beberapa evaluasi dan catatan-catatan lainnya.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]