Informasi prestasi Terkini

Tim FRESH Juara Tiga LKTI TEMILREG FOSSEI JATENG 2019

Temu Ilmiah Regional (Temilreg) Jawa Tengah 2019 dilaksanakan di  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga pada tanggal 23-25 Maret. Temilreg merupakan acara tahunan yang dilakukan FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam). Mengangkat tema “Optimalisasi  Wakaf dan Sociopreneur Untuk Mengembangkan Industri Halal di Jawa Tengah”. Temu ilmiah ini dikemas dengan berbagai acara, seperti olimpiade; lomba karya tulis ilmiah; dan vidieografis, seminar, rapat koordinasi; gathering night lalu dilanjutkan fieldtrip. 

Disampaikan oleh Koordinator FoSSEI Jawa Tengah 2019, Endi Deswanto bahwasannya acara ini bukan hanya menyoal tentang kompetisi untuk menang dan kalah, melainkan ada tiga tujuan yang ingin dicapai yaitu ukhuwah, dakwah, dan ilmiah antar sesama KSEI di wilayah Jawa Tengah pada khususnya.

IAIN Surakarta ikut serta dalam acara temilreg tersebut, diwakili oleh FRESH FEBI dengan mengirimkan empat kontingen yaitu olimpiade yang diwakili oleh Kharisma, Agung, dan Puspita; karya tulis ilmiah yang terbagi menjadi dua tim yaitu tim Wawan Saputra, Anisa Nuril dan Dini; serta tim Tika Anjani bersama Marina dan Alfiana Zahwa; dan lomba infografi oleh Dian Lery.

Acara berlangsung tiga hari, dimulai pada hari Jumat-Senin 23-26 Maret 2019. Pertama, acara diawali dengan Seminar Nasional bertemakan “Optimalisasi  Wakaf dan Sociopreneur Untuk Mengembangkan Industri Halal di Jawa Tengah”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan dan adanya rapat koordinasi untuk setiap KSEI yang diwakili pimpinan setiap KSEI Jawa Tengah bersama BPH FoSSEI Jateng.

Hari kedua, yaitu 24 Desember 2019. Acara berlangsung di kampus tiga IAIN Salatiga dengan SIMPOSIUM dan presentasi videografis dan infografis di ruangan terpisah. Hingga pada tanggal 25 Maret kegiatan fokus untuk field trip ke D-9 dan Museum Kereta Api.

IAIN Surakarta dalam kesempatan ini berhasil membawa satu buah piala yaitu juara ketiga Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dengan tema wakaf dan peranannya dalam wisata alam di Indonesia. Wawan Saputra selaku ketua tim menjunjung wisata lokal di daerah Klaten berupa kolam renang berkonsep syariah, yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata halal. Untuk pengembangan, maka diperlukan salah satunya optimalisasi dana wakaf produktif melalui BUMDes. Paper inilah yang mengantarkan ketiganya menjadi juara tiga dan membanggakan FRESH FEBI IAIN Surakarta. Selamat, semoga kedepan bisa Juara pertama.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]