Informasi Terkini

Selamat Atas Terpilihnya Ibu Sri Mulyani Indrawati, SE., M.S, Ph.D Sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) periode 2019-2023

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta selaku Komisariat IAEI Surakarta mengucapkan selamat atas terpilihnya Ibu Sri Mulyani Indrawati, SE., M.S, Ph.D Sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) periode 2019-2023.

Berikut Laporan langsung Dosen FEBI IAIN Surakarta bapak Waluyo, Lc., MA. yang juga menghadiri langsung Muktamar ke IV IAEI di Jakarta.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati ditetapkan sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) periode 2019-2023. Ia menggantikan posisi yang selama ini diemban oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Soemantri Brodjonegoro.

Dalam pidatonya usai tepilih menjadi Ketua umum IAEI, Sri Mulyani menekankan pentingnya ekonomi berbasis keadilan, kasih sayang dan cinta. Ekonomi yang tidak menghadirkan keadilan, kasih sayang dan cinta tidak layak menyandang ekonomi Islam yang berbasis tauhid. Prinsip seperti ini telah lama dicetuskan Oleh Ibnu Qayyim dalam kitab i’lamul muwaqi’in. Pemikiran seperti semakin kokoh apabila diimplementasikan dengan tetap pada jalur maqashid syariah, tutur Sri Mulyani. Maqashid Syariah merupakan produk pemikiran imam Syatibi Dan Imam Ghozali yang tercermin dalam Lima variabel yaitu: menjaga Agama, akal, keturunan, harta, Dan menjaga jiwa.

Untuk mewujudkan pimikiran yang mulia tersebut, perlu disusun langkah langkah operasional yang lebih membumi. Untuk itu perlu dibentuk komunitas komunitas ekonomi Islam di tengah masyarakat didukung oleh SDM yang Matang dan perlu bersinergi dengan masterplan ekonomi yang telah dibentuk Oleh pemerintah.

Langkah kongkrit tersebut diantaranya Pertama: sinergi dengan pemerintah, kedua: peningkatan SDM berbasis Syariah. ketiga: membangun jaringan international dengan mengirim SDM Indonesia di level international. Keempat: terus melakukan pengkajian Dan Penelitian. Kelima: IAEI harus mewarnai regulasi negara dengan nuansa islami. Dalam penutupan pidatonya Sri Mulyani, berharap ekonomi Islam dapat terus hadir menjadi rahmatan lil’alamin.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]