Jalin Silaturahmi, HMJ MBS Adakan Makrab Jurusan

HMJ Manajemen Bisnis Syari’ah IAIN Surakarta sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam telah mengadakan kegiatan Malam Pengakraban dengan mahasiswa baru yang dinamakan Makrab MBS 2019 dengan tema “Satu Putaran, Satukan Perbedaan, Eratkan Persaudaraan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019 sampai dengan 01 September 2019. Ini merupakan kali pertama HMJ MBS mengadakan kegiatan makrab dengan mahasiswa baru. Kegiatan makrab ini merupakan salah satu program kerja dari divisi PSDM.

Acara ini diawali dengan opening ceremony secara simbolis dengan penyematan pita merah putih kepada peserta. Tak lupa sebagai ketua panitia sekaligus ketua divisi PSDM, saudara Khairul Rahmad memberikan sambutan kepada mahasiswa baru. Acara selanjutnya yaitu pembagian kelompok, lalu persiapan untuk pentas seni.

Pada pukul 18.30 acara diawali dengan materi yang disampaikan oleh Ketua HMJ MBS 2018 yaitu saudara Hani Wahyu Nugroho yang menyampaikan tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus bisa menyampaikan pendapat dan ide-ide. Selain beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang pemimpin janganlah kita buta citra, melakukan hal-hal baik hanya untuk pencitraan saja.

Pemateri selanjutnya yaitu Presiden BEM UNS 2019, Faith Aqila Silmi yang menyampaikan materi tentang public speaking. Ada tiga hal penting yang harus dimiliki dalam belajar public speaking antara lain etos (karakter), pathos (mampu menciptakan hubungan emosional) dan logos (mampu menyampaikan hal logis)
Acara selanjutnya yaitu pensi dari masing-masing kelompok peserta makrab dan divisi-divisi HMJ MBS. Ada yang menampilkan puisi berantai, bernyanyi, dan menari. Acara pensi ditutup dengan orasi dari Herman Wahyu Lestari selaku ketua umum HMJ MBS. Kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu “mars mahasiswa” dan “buruh tani”bersama-sama . Selanjutnya para peserta diberikan waktu untuk beristirahat.

Pagi hari para peserta dibangunkan pukul 03.00 WIB untuk melaksanakan sholat tahajud, dilanjutkan ngaji bersama. Setelah sholat subuh kami melaksanakan senam pagi, lalu sarapan bersama. Setelah itu kami melaksanan outbond dan diakhiri dengan renang di umbul siblarak. Setelah ishoma kami melanjutkan acara dengan memperkenalkan organisasi HMJ MBS kepada para peserta. Acara tersebut ditutup dengan closing ceremony bersalama-salaman, menyanyikan lagu kemesraan ini, dan foto bersama.

Dengan adanya kegiatan makrab MBS tersebut diharapkan dapat menjalin silaturahmi antara HMJ MBS dengan mahasiswa MBS angkatan 2019. Tidak hanya itu saja, makrab ini juga bermanfaat bagi menjadimahasiswa sebagai ajang untuk belajar tentang leadership dan public speaking.(Dilla/Humas)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]