Senat Mahasiswa FEBI IAIN Surakarta Gelar Seminar Nasional dengan tema “Revitalisasi Peran Organisasi Legislatif Mahasiswa dan Pencerdasan Politik Era Milenial”

[smartslider3 slider=54]

 

 

Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta, pada hari Kamis (17/10) menyelenggarakan Seminar Nasional Legislatif dengan mengusung tema ‘Revitalisasi Peran Organisasi Legislatif Mahasiswa dan Pencerdasan Politik Era Milenial’.
Kegiatan Seminar Nasional Legislatif ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2019 yang dilaksanakan di Aula Gedung Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) lantai 4 dan dihadiri oleh lebih dari 350 peserta yang berasal dari berbagai jurusan dan universitas. Kegiatan ini merupakan bentuk kepekaan SEMA FEBI atas kurang optimalnya peran organisasi legislatif dan menanggapi kontroversi mengenai Undang-Undang Negara. Dalam Seminar Nasional Legislatif SEMA FEBI mengambil tema ‘Revitalisasi Peran Organisasi Legislatif Di Kampus dan Pencerdasan Politik di Era Milenial’ yang dibawakan oleh pemateri utama yaitu Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum. (Praktisi dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro) dan Sugiantoso selaku koordinator pusat Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) 2019.
Kegiatan ini secara khusus membahas tentang legislatif di lingkungan kampus dan lingkungan bernegara, sangat tepat untuk dijadikan bahasan oleh mahasiswa dalam perannya sebagai agent of change. sebagai organisasi mahasiswa khususnya legislatif di tingkat fakultas harus lebih masif lagi dalam memperjuangkan hak organisasi maupun mahasiswa. Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa peradaban di dunia selalu mengarahkan mahasiswa untuk menjadi tombak perubahan. Lalu beliau melanjutkan “Dengan demikian mahasiswa sebagai generasi milenial harus mau maju, dapat dikatakan bahwa mahasiswa harus memiliki sikap radikal dalam batasan dan belajarlah sesuatu secara keseluruhan, jangan setengah-setengah. Begitu pula juga belajarlah share dengan sharing terlebih dahulu. Jadilah mahasiswa yang mampu menjadi pembeda yang mampu mewarnai negeri ini.”
Sedangkan Sugiantoso menyampaikan tentang pentingnya peran organisasi legislatif mahasiswa “Organisasi legislatif ditingkat Fakultas/ SEMA Fakultas bisa setara dengan ranahnya masing-masing, yaitu legislatif bisa menjalankan fungsi legislatif mahasiswa dengan volume pengawas dan pengontrol yang setara dengan ruang lingkup BEM/ DEMA Fakultas, begitupula dengan yang institut. Lalu dari aspirasi bisa mengadvokasi aspirasi mahasiswa ke pihak fakultas demi tercapainya kesinergian dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan dilingkungan IAIN Surakarta, terakhir jadilah mahasiswa yang cinta dan peduli dengan kampusnya dengan menyuarakan aspirasi mahasiswa, sehingga bagaimana organisasi legislatif mahasiswa mengoptimalkan perannya dalam demokrasi kampus khususnya dan negara pada umumnya.” (Humas SEMA FEBI)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]