KNKS dorong Pondok Pesantren menjadi Pusat Keuangan Inklusif Syariah

[smartslider3 slider=116]

 

FEBI News| Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan wawasan para dosen, Unit Konsorsium Dosen FEBI IAIN Surakarta kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi interaktif dengan tema “Arah dan Kebijakan Pemerintah RI pada Inklusi Keuangan Syariah”. Diskusi ini menghadirkan narasumber Jamil Abbas, B.Com, MBA selaku Kepala Divisi Inklusi Keuangan Syariah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Kegiatan diskusi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 Nopember 2019 di Ruang Baca FEBI IAIN Surakarta dan dihadiri oleh pimpinan Dekanat, dan Pimpinan Prodi di lingkungan FEBI, serta hadir juga para dosen dan beberapa perwakilan aktivis mahasiswa dari DEMA maupun HMJ.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Usnan, MEI selaku pembawa acara sekaligus moderator, dilanjutkan sambutan Dekan FEBI yang diwakili oleh Dr. Awan Kostrad Diharto,SE.,M,Ag. Selaku Wakil Dekan 1. kemudian Acara inti diskusi. Menurut pembicara ada dua tujuan keuangan inklusif syariah: Pertama, Masyarakat luas semakin mampu dan mau menggunakan dan memanfaatkan layanan keuangan syariah dari lembaga keuangan syariah formal. kedua, Lembaga keuangan syariah formal semakin mampu dan mau melayani masyarakat luas dan semakin mampu bersaing dengan lembaga keuangan konvensional.

Kedua peran tersebut akan tepat jika  berpusat pada Pondok Pesantren, karena pesantren ini mempunyai daya komunikasi dan pengaruh yang luas terhadap lapisan masyarakat. Selain itu KNKS juga sedang berupaya menggandeng masjid dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menjadi pusat pengembangan keuangan inklusif syariah. Juga adanya konsep KoLaKS (Kolaborasi Layanan Keuangan Syariah) yang harus dilakukan oleh seluruh lembaga keuangan syariah yang ada di bangsa ini.

Acara diskusi ditutup dengan clossing statement berupa harapan KNKS kepada FEBI IAIN Surakarta untuk dapat menjadi pioner dalam mengembangkan ekonomi syariah dengan model, pemikiran dann inovasi baru. Selanjutnya diakhiri dengan sesi foto bersama antara narasumber dengan para dosen. (Usnan)

Foto: Krist

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]