Informasi Terkini

Febimart Sebagai Miniatur Retail Modern dan Wahana Laboratorium Kewirausahaan Mahasiswa

FEBI News| Febimart adalah salah satu program kerja Laboratorium FEBI IAIN Surakarta dalam bidang kewirausahaan. Febimart ini juga merupakan suatu inkubasi miniatur retail modern yang membebaskan konsumen dalam menentukan pilihan/konsep swalayan. Di febimart, sudah memiliki struktur organisasi mulai dari store manager hingga store keeper yang semua aktivitas berada di bawah naungan laboratorium FEBI. Di sini mahasiswa diharapkan mampu menangkap esensi mengenai tata kelola usaha retail modern, belajar mengenai kontrak kerja profesional, belajar negosiasi bisnis dengan supplier, belajar menangkap peluang yang ada untuk dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Di sisi lain, tak lupa program zakat atas penghasilan juga diprioritaskan untuk membantu sesama terutama di bidang pendidikan.

Febimart dalam menjalankan operasional keseharian dibantu oleh suatu sistem Point of Sales (POS) untuk merecord transaksi harian dan pelaporan secara berkala. Selain itu, sebagai bentuk dukungan sinergi antar program di bawah nanguan laboratorium, febimart juga didampingi oleh Kelompok Studi Akuntansi Syariah (KSAS) dalam hal pelaporan.

Febimart merupakan miniatur dan sekaligus laboratorium untuk mengasah skill mahasiswa dalam bidang bisnis retail, yaitu bukan hanya mahasiswa dapat berbelanja, namun mereka bisa menjadi supplier makanan atau minunan untuk kemudian diperjualbelikan kembali. Kemandirian mahasiswa dan juga daya kreativitas mahasiswa dalam membuat produk adalah cita-cita utama diadakannya laboratorium retail modern ini. Berbelanja dekat, dengan harga hemat sekaligus bermanfaat adalah ciri khas mini retail modern ini.

Dekan FEBI IAIN Surakarta, Dr. Rahmawan Arifin mengatakan: “Jika engkau belum memiliki mimpi yang akan ditertawakan seseorang, maka engkau belum bermimpi besar“. Harapannya dengan adanya Febimart ini yang awalnya merupakan komunitas mahasiswa dan sekarang telah bertransformasi menjadi laboratorium mahasiswa akan dapat menghasilkan para wirausahawan muda untuk kemajuanĀ  Indonesia Raya.
(Wahyu Pramesti & Rizki Fajar S)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

1 Comment

  • Anonim
    22 Oktober 2021

    4.5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]