Kegiatan Terkini

Desain Inovasi Pemberdayaan Ekonomi Milenial, Dosen FEBI IAIN Surakarta Edukasi Entrepreneurship Remaja Masjid Klaten

FEBI News| Sabtu (11/07/20) Dosen FEBI IAIN Surakarta Fuad Hasyim, M.E.K., sukses menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang bertemakan “Strategi Inovasi Pemberdayaan Ekonomi pada Masa Pandemi”. Kegiatan pengabdian tersebut diselenggarakan berkat kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta, Remaja Islam Masjid Lailatul Qadar (RISMALA), Pemuda Desa Kadilajo dan PP. Al-Munawwir. Kegiatan Pengabdian yang bertempat di Aula Hidayatul Mubtadi’en, Desa Kadilajo, Karangnongko, Klaten tersebut menghadirkan Narasumber seorang pakar marketing, Anwar Khalid, S.H., M.H. dengan dipandu Ustadz Ahmad Farikhul Makhasin, S.E.Sy. sebagai moderator.

Narasumber yang juga Hafidz Qur’an tersebut memberikan edukasi berupa bagaimana membangun ketahanan ekonomi pada masa pandemi, terutama untuk generasi milenial. Dengan pembawaan yang kocak, juragan bubur yang memiliki 8 armada tersebut bercerita bagaimana asal muasal ia bisa kuliah dari sarjana hingga magister dari berjualan, baik secara secara offline maupun online. Mulai dari menjadi penjaga kantin, loper koran, berdagang sandal gunung, tasbih digital, madu, fashion, makelar mobil hingga bisnis bubur ayam ia lakoni hingga mampu menghantarkannya menjadi seorang magister dibidang hukum sekaligus Hafidz Qur’an. Salah satu kunci suksesnya adalah berdoa, berusaha dan yakin.

Bermodal keyakninan bahwa telah jelas dalam al-Qur’an bahwa dibalik adanya kesukararan/kesulitan pasti ada kemudahan. Maka menurut Narasumber, ditengah kondisi lesunya perkekonomian karena pandemi, pasti ada celah bisnis “halal” yang bisa dilakukan. Mengapa harus halal, karena mencari keuntungan tidak harus dengan memanfaatkan keadaan dalam bentuk negatif, seperti penimbunan dan monopoli. Narasumber mencontohkan 2 hal yang bisa menjadi alternatif bisnis selama pandemi, yakni bisnis Frozen Food dan Budidamber (Budidaya Ikan dalam Ember). Alasannya sederhana, ketika masa pandemi, masyarakat mengalami pergeseran behavior. Kebiasaan yang dahulunya memasak, maka untuk kepraktisan dipilih makanan siap saji, karena faktor antisipasi dari penyebaran covid19. Ditambah perilaku transaksi online yang semakin menggeliat, maka tak ayal bisnis ini menjadi prospek menguntungkan. Selain itu, untuk mengatasi kejenuhan selama Work From Home (WFH), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau bahkan masyarakat terdampak PHK, maka Budidamber bisa menjadi solusi untuk mengisi kegiatan sehari-hari yang bernilai ekonomis. Bahkan side effect Budidamber adalah tanaman hidroponik, sehingga bak sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Menurutnya, selama bisnis dijalankan dengan menjaga kualitas, melakukan pemasaran yang masif dan efektif, maka bisa jadi bisnis ini akan bertahan untuk beberapa tahun kedepan.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, dimana baik peserta dan narasumber diwajibkan mencuci tangan sebelum acara dimulai, memakai masker dan mematuhi aturan physical distancing. Kegiatan pengabdian tersebut disambut peserta dengan sangat antusias dan berharap akan diadakan kegiatan serupa ditahun-tahun mendatang. Salah satu testimoni peserta menyebutkan bahwa materi yang disampaikan sangat mudah dipahami dan bersifat reasonable dan applicable. Kegiatan pengabdian diakhiri dengan membaca sholawat barzanji sebagai bentuk tawassul, untuk mengetuk pintu langit dan membuka perantara rizki. (FH)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]