Kegiatan Terkini

Edukasi Ketahanan Ekonomi Rumah Tangga Dari Hemat Air, Dosen FEBI Lakukan Pengabdian Masyarakat di Semarang

FEBI News| Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia atau bahkan makhluk hidup lainnya. Air merupakan sumber kehidupan. Sumber air bersih yang umumnya digunakan oleh masyarakat adalah air sumur atau air dari pelayanan PDAM. Saat ini di Indonesia sedang terjadi pandemi covid-19. Terhitung mulai dari bulan Maret hingga saat ini sudah berada di pertengahan bulan Juli 2020, kasus covid-19 di Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Hal tersebut disampaikan oleh narasumber sebagai pengantar pada acara pengabdian masyarakat dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang diselenggarakan di wilayah RW V, Kelurahan Padangsari, Kota Semarang pada 11 Juli 2020.

Tema dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu “Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang Hemat Air Dalam Rangka Menjaga Ketahanan Ekonomi Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid-19”. Pada kegiatan tersebut dihadirkan narasumber Risman S.T., M.T. yang merupakan dosen Program Studi Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Beliau banyak mengkaji mengenai penyediaan air bersih khususnya di permukiman. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi “google meet” dengan pertimbangan Kota Semarang masih termasuk dalam zona merah.

Pada masa pandemi covid-19 ini telah ada himbauan untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Namun bagaimana kita tetap bisa melaksanakan himbauan tersebut tetapi tetap hemat air. Berkaitan dengan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), terdapat beberapa pertanyaan seputar CTPS. Salah satu pertanyaan yang sering ditemui adalah berapa lama durasi waktu cuci tangan yang benar. Narasumber menyampaikan bahwa waktu untuk CTPS 20 – 30 detik.

Peningkatan CTPS berpotensi meningkatkan pemakaian air bersih sehingga berpotensi meningkatkan tagihan air PDAM atau listrik (bagi yang menggunakan pompa air sumur). Juli – Agustus merupakan puncak musim kemarau di Indonesia. Prakter CTPS hemat air diperlukan untuk menjaga ketersediaan air bersih. Praktek CTPS hemat air dapat diterapkan dengan menutup kran air pada saat memakai sabun di tangan. Selanjutnya kran dibuka kembali pada saat bilas. Praktek seperti ini berpotensi menghemat 100 liter per hari per rumah atau setara 3 m3 air bersih rumah tangga per bulan. Jika tarif air PDAM Rp 5.000,- per m3 maka dapat menghemat Rp 15.000,- per bulan. Bagi sebagian orang mungkin tidak signifikan namun bagaimana jika dalam lingkup kabupaten/kota melaksanakan CTPS hemat air. Hal ini dapat menjaga ketersediaan sumber air bersih suatu kawasan kupaten/kota.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab terdapat beberapa pertanyaan dari peserta. Pertanyaan dari peserta disampaikan pada kolom “chat” yang tersedia di dalam aplikasi “google meet”. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain terkait penggunaan sabun hemat air (busa sedikit), tampungan air ideal dengan kondisi air PDAM mengalir 2 hari sekali, dan efektifitas penggunaan air sumur atau air PDAM kaitannya dengan menghilangkan kuman dan virus. Narasumber menanggapi pertanyaan terkait sabun hemat air. Jika ada di pasaran bisa dipakai namun pertimbangkan biasanya harga lebih mahal. Terkait tampungan air yang aman untuk 2 hari, narasumber menyampaikan minimal 1 rumah memiliki tampungan 1,5 m3. Selanjutnya mengenai penggunaan air untuk menghilangkan virus dan kuman, narasumber lebih memilih menggunakan air PDAM karena mengandung kaporit yang berfungsi sebagai disinfektan.

Di akhir acara narasumber menyampaikan “closing statement”. CTPS hemat air perlu diterapkan untuk menghemat tagihan air, menjaga ketersediaan sumber air, antisipasi air berkurang di musim kemarau, menjaga ketahanan air bersih umah tangga. Mari kita semua melakukan gerakan CTPS namun gunakanlah air secukupnya. (Ardhi Ristiawan)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]