Kegiatan Terkini

EDUKASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN DAYA TAHAN EKONOMI RUMAH TANGGA, DOSEN FEBI IAIN SURAKARTA MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI WILAYAH BOYOLALI

FEBI News| Di era New Normal, masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan baik secara fisik, biologis, maupun sosial. Perubahan yang terjadi secara signifikan tidak dipungkiri telah memberikan dampak terhadap ketahanan ekonomi yang dimiliki oleh individu, keluarga, maupun masyarakat. Ketahanan ekonomi masyarakat yang melemah akibat pandemi Covid-19 memerlukan perhatian dari pemerintah hingga akademisi. Berangkat dari latar belakang tersebut, Dosen FEBI IAIN Surakarta, Annida Unnatiq Ulya, M.Sc melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa edukasi dan pendampingan jarak jauh mengenai pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan untuk meningkatkan daya tahan ekonomi berbasis rumah tangga di Era New Normal.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Juli 2020 di wilayah Boyolali bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Boyolali. Kegiatan dipandu oleh Eha Sulistyowati, S.Pd sebagai moderator dan Iva Yenis Septariva, S.T., M.T, dosen ahli teknik lingkungan sebagai narasumber. Kegiatan terlaksana dalam bentuk web seminar (webinar) menggunakan aplikasi Google Meet yang dapat diakses secara gratis oleh seluruh peserta.

Kegiatan webinar terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan awal mengenai kondisi lingkungan hidup saat ini beserta potensi-potensinya untuk mendukung upaya adaptasi masyarakat. Upaya adaptasi yang dilakukan skala kecil dengan wanita sebagai penggerak utama diharapkan mampu meningkatkan daya tahan ekonomi rumah tangga di era New Normal. Sesi kedua adalah diskusi lanjutan antara narasumber dan peserta yang dipandu oleh moderator yang befokus pada pendampingan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup yang sesuai dengan karakteristik rumah tangga di wilayah Boyolali. Dalam hal ini, mengenal karakteristik rumah tangga dan lingkungan menjadi penting sehingga manfaat ekonomi yang diperoleh dari pengelolaan lingkungan dapat dirasakan oleh masyarakat. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan harapan peserta untuk dapat terus memperoleh ilmu dari kalangan akademisi baik di bidang lingkungan maupun ekonomi berbasis rumah tangga. (AUlya)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]