Kegiatan Terkini

FEBI IAIN Surakarta Gembleng 158 calon alumni Angkatan 43 dalam kegiatan CArier Development Program 2020

FEBI News| Sebagai bentuk komitmen Fakultas dalam menyiapkan lulusan mahasiswa yang adaptif terhadap perubahan jaman yang sangat cepat, FEBI IAIN Surakarta melaksanakan serangkaian acara Carier Development Program for Graduate pada Senin 13 Juli 2020. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada lulusan baru (fresh graduate) mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Surakarta. Kegiatan ini Diharapkan dapat menjadikan lulusan FEBI IAIN Surakarta lebih siap dalam menghadapi kenyataan. Sehingga tidak hilang arah, atau bahkan putus asa. Dan diharapkan mahasiswa tau apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah nanti.

Kegiatan webinar CDP ini dilakukan dalam 3 sesi. Dimana, pada sesi pertama, dimulai pagi hari pukul 8.30 sampai dengan pukul 10.00, pada sesi ini narasumber banyak berbicara tentang SDM dengan narasumber Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Surakarta, yaitu Bpk. Dr. H. Syamsul Bakri, dan Ibu Indah Murtiningrum yang merupakan HRD Manager PT Bengawan Inti Kharisma. Dalam webinar CDP sesi ini, WR 3 IAIN Surakarya menyatakan bahwa positive thinking saja tdk cukup, harus dilengkapi dengan positive feeling. Maksudnya, mahasiwa harus memiliki mental orang yang sukses di kemudian hari. Tdk cukup dengan doa, tdk cukup berbaik sangka, tapi harus dibarengi dengan perbuatan yang nyata.

Kemudian, Bu Indah Murti menyampaikan bahwa untuk membangun pribadi yang profesional dalam dunia kerja, dibutuhkan setidaknya 7 sikap utama, yaitu; memiliki rasa tanggung jawab, produktif, memiliki rasa memiliki, loyal,adaptif, ingin berkembang dan terakhir adalah jujur atau dpt dipercaya.

Sesi kedua, dilanjutkan siang pukul 13.30 – 14.30 dimana pada sesi ini diisi dengan tema entrepreneur dengan narasumber ibu Agustin Hasta pemilik oemah anglo. Pada sesi ini Bu Agustin lebih banyak menceritakan pengalamannya. Yang bermula sebagai karyawan dan kemudian memilih beralih menjadi pengusaha. Banyak pesan yang beliau sampaikan. Satu hal, yang yang beliau tekankan. Jangan mau jadi karyawan terus, jadilah wirausahawan.

Sesi Ketiga, pada malam hari seluruh peserta CDP larut dalam suasana kontemplasi khas pemikiran akademis bersama Prof. Musa Asy’ari selaku Guru Besar FEBI IAIN Surakarta. Peserta diajak berpikir tentang realitas dan mimpi mahasiswa pasca lulus. Dalam sesi ini Prof Musa memunculkan jargon “KITA FEBI” yaitu:

Kerja Untuk Membangun Kepribadian
Idealisme Tinggi untuk Mengabdi
Tetapi Realistik dalam Berbuat
Amalkan Integrasi Islam, Ilmu dan Iman
Fokus pada masalah untuk menjadi solusi
Emosi Jauhkan dalam mengambil Keputusan
Biasakan Bekerja Profesional dan Berintegritas
Indonesia akan Maju, Adil dan Makmur

Sesi paling akhir adalah wejangan dari Dekan FEBI IAIN Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si terkait motivasi dan pesan untuk calon alumni FEBI. Alumni diharapkan terus menjadi pembelajar, jangan takut untuk berkreasi dan berinovasi. (MIr)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]