Kegiatan Terkini

Kembangkan Ekonomi Buruh Pabrik Terdampak COVID-19, Dosen FEBI IAIN Surakarta lakukan Pengabdian di Wilayah Kab. Semarang

FEBI News| Pandemi covid-19 memberikan dampak kerugian bagi dunia usaha. Perusahaan harus membuat kebijakan untuk menyelamatkan usaha, salah satunya menghentikan aktivitas produksi. Pada bulan Juni yang lalu terdapat 33 perusahaan yang sudah melaporkan kepada Disnakertrans Kabupaten Semarang bahwa perusahaan telah mengambil kebijakan untuk merumahkan dan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawan. Jumlah karyawan yang dirumahkan mencapai 7.613 orang pekerja dan PHK sebanyak 342 pekerja. Berdasar fakta tersebut, Dosen FEBI IAIN Surakarta, Yulfan A. Nurrahman, MM melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa edukasi peningkatan ekonomi buruh pabrik.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada hari Rabu 8 Juli 2020 untuk membantu masyarakat terdampak pandemi covid-19. Tempat pelaksanaan pengabdian masyarakat berada di Desa Bener, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Dimana sebagian besar masyarakat Desa Bener memiliki profesi sebagai buruh pabrik dan terdampak pandemi covid-19. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setelah terdampak pandemi covid-19.

Kegiatan ini dipandu oleh Mokhammad Khukaim Barkhowa,SE,MM sebagai moderator dan Rina Sari Qurniawati, SE, M.Sc sebagai narasumber. Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat sesi, dimana sesi pertama membahas tentang menggali dan mengembangkan potensi masyarakat. Sesi kedua membahas tentang pembuatan sentra UMKM, sesi ketiga membahas tentang peluang akses permodalan, dan sesi keempat membahas tentang strategi pemasaran.
Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara webinar. Dimana peserta sejumlah 55 orang mengakses google meet untuk mengikuti rangkaian acara pengabdian kepada masyarakat. Pelaksana kegiatan menyediakan bantuan fasilitas laptop dan smartphone bagi peserta yang tidak memiliki. Kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan sesi tanya jawab tentang proses perizinan UMKM. Harapan dilaksanakan kegiatan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setelah terdampak pandemi covid-19. (YAN)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]