Kegiatan Terkini

Perkuat Industri Rumah Tangga, Dosen FEBI IAIN Surakarta Melakukan Pengabdian Masyarakat di Klaten

FEBI News| Wabah Covid-19 telah melanda sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia. Sekarang ini pemerintah sedang mempersiapkan untuk memasuki babak baru, yang disebut dengan era new normal. New normal merupakan era kebiasaan baru di mana seluruh masyarakat tetap menjalankan aktivitas normal, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularaan Covid-19. Untuk meminimalisir dampak negatif di bidang ekonomi selama pandemik Covid-19, maka di era new normal aktivitas ekonomi normal harus tetap dijalankan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Hal ini penting agar masyarakat Indonesia terbebas dari ancaman stabilitas ekonomi dan kesehatan.

Ibu-ibu warga Dadapan RT. 09 RW. 05 desa Dompyongan, Jogonalan, Klaten sebagian besar berstatus sebagai ibu rumah tangga yang sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah. Di era new normal di mana aktivitas ekonomi (dengan disertai protokol kesehatan) mulai berjalan, banyak sekali peluang waktu yang bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu warga Dadapan untuk melakukan usaha produktip. Salah satu di antaranya adalah industri rumah tangga (home industry), misalnya industri tempe, kerajinan, atau makanan ringan. Hal ini penting, agar ibu-ibu dapat berkontribusi dalam peningkatan pendapatan keluarga.

Bimbingan dan motivasi kepada ibu-ibu warga Dadapan RT. 09 RW. 05 desa Dompyongan, Jogonalan, Klaten untuk memanfaatkan waktu guna melakukan usaha produktif perlu diberikan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta (Drs. Azis Slamet Wiyono, M.M.) pada tanggal 11 Juli 2020 melakukan pengabdian kepada masyarakat di tempat tersebut dengan tema “Pemberdayaan Industri Rumah Tangga Di Era New Normal Untuk Memperoleh Pendapatan Tambahan”. Bertindak sebagai narasumber ibu Nuning Ernawati, yang memiliki pengalaman sebagai pembina/pendamping industri kecil rumah tangga. Sedangkan ibu Alfi Tantrawati bertindak sebagai moderator. (ASW).

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]