Kegiatan Terkini

Terapkan Konsep Integrasi Interkoneksi, Prof Amin Abdullah Apresiasi Format Kurikulum Kampus Merdeka FEBI IAIN Surakarta

Penulis: Asep Maulana Rohimat

FEBI News | Bertempat di Hotel 101 Yogyakarta, kegiatan Workshop Kurikulum Kampus Merdeka dan penyusunan RPS diselenggarakan oleh FEBI IAIN Surakarta, acara ini berlangsung pada 27-29 Juli 2020. Panitia pelaksana berhasil mendatangkan Prof. Amin Abdullah, MA sebagai pembicara kunci pada workshop tersebut. Seperti diketahui bahwa beliau  merupakan seorang pelopor konsep integrasi-interkoneksi keilmuan.

Prof. Amin Abdullah, MA sebagai guru besar di bidang ilmu filsafat dan Islamic Studies ini memaparkan sejumlah materi tentang bagaimana konsep kampus merdeka dan merdeka belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makariem. Menurutnya kampus merdeka dan merdeka belajar merupakan aplikasi nyata di masa sekarang dari konsep integrasi dan interkoneksi keilmuan yang pernah ia gagas sejak 15 tahun yang lalu. Konsep ini adalah upaya reshaping the boundary of knowledge menuju konsep Multidisiplin-interdisiplin -transdisiplin dalam sains, sosial humaniora dan agama. Kemudian menghasilkan lulusan mahasiswa yang mempunyai keterampilan dan mampu menjawab tantangan kebutuhan dunia modern saat ini, seperti complex problem solving, Critical thinking, Creativity, People management, Coordinating with others, Emotional, Judgment and decision making , Service orientation, Negotiation dan Cognitive flexibility.

Di sesi akhir Workshop, Prof. Amin Abdullah, MA menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para dosen sebagai peserta workshop, dan Dekan FEBI IAIN Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si menyerahkan sampel format RPS kepada pembicara untuk diberikan catatan serta review terhadap formatnya. Setelah menelaah format RPS FEBI, Prof. Amin Abdullah, MA  memberikan apresiasi kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang ternyata telah merancang format Kurikulum dan RPS sesuai dengan konsep integrasi-interkoneksi keilmuan yang ia gagas. (amr)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]