Kegiatan Terkini

Kuatkan Iklim Pesantren di Fakultas, FEBI Gelar Grand Launching PESMADIN Angkatan ke-2/2020

FEBI News|PESMADIN FEBI IAIN Surakarta menyelenggarakan Grand Opening Pesmadin FEBI IAIN Surakarta Tahun 2020. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu 03/10/2020 yang ditujukan untuk mahasiswa baru FEBI IAIN Surakarta angkatan 2020. Acara diadakan secara daring sebagai tanda dimulainya kegiatan Pesmadin FEBI IAIN Surakarta Angkatan kedua. Turut hadir Dekan FEBI IAIN Surakarta dan Pengasuh Pesmadin FEBI IAIN Surakarta untuk memberikan sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh pengasuh Pesmadin FEBI IAIN Surakarta, Nur Hidayah al Amin, Lc., M. E. Sy. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Dekan FEBI IAIN Surakarta yang sudah mendukung keberadaan Pesmadin di FEBI IAIN Surakarta. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pesmadin tahun ini adalah untuk angkatan kedua. Pesmadin dapat berjalan juga karena didampingi oleh musrif/musrifah yang membina mahasiswa baru dalam membaca al-qur’an maupun ibadah. Agenda Pesmadin tahun ini berbeda, dimana pada tahun ini menggunakan media digital. Dimana untuk daerah sekitaran kampus dapat datang langsung ke kampus, sedangkan yang jauh melalui media digital. Dikesempatan ini pula, melaporkan kepada Dekan bahwa placement test sudah dilaksanakan dan dalam tahapan rekapitulasi. Selain itu, beliau juga menginformasikan bahwa pada malam Selasa akan ada pengajian akbar dalam rangka wisuda Pesmadin angkatan satu.

Dalam sambutannya pengasuh Pengasuh Pesmadin IAIN Surakarta juga mengajak mahasiswa baru untuk bersemangat. “Barang siapa keluar mencari ilmu maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali lagi”. Beliau mengajak mahasantri untuk mengikuti arahan pembina baik dari absensi maupun kegiatan, karena pada awal November akan ada ujian SKL. Dengan begitu, selain dapat ilmu juga akan mempermudah dalam ujian SKL.
Sambutan kedua diberikan dari Dekan FEBI IAIN Surakarta, Dr. M. Rahmawan Arifin, S. E., M. Si. Beliau mengungkapkan untuk menjadi pribadi yang bersyukur. Dalam hal ini, syukur berarti melakukan kegiatan yang ada di FEBI IAIN Surakarta secara totalitas. Beliau juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada pengasuh, dosen, dan musrif/ah.
Dengan adanya Pesmadin, mahasiswa FEBI IAIN Surakarta otomatis menjadi santri. Selain itu, beliau juga mengungkapkan, tidak ada istilah mantan santri. Mahasiswa baru yang masuk FEBI IAIN Surakarta bukan hanya predikat mahasiswa saja, tetapi juga santri. Walaupun tempat sarana prasarana belum optimal, FEBI IAIN Surakarta berikhtiar bagaimana FEBI IAIN Surakarta bisa menjadi santri dan memiliki iklim pesantren dan tidak harus tinggal di asrama.

Di FEBI IAIN Surakarta bukan hanya sebagai tempat transfer ilmu saja, tetapi juga syiar agama, di dalamnya ada orang mengaji. Hal ini sebagai bentuk ikhtiar untuk membentuk mahasiswa plus. Dekan FEBI IAIN Surakarta menyampaikan tiga hal yang harus dibekali untuk kehidupan mendatang yaitu harus dengan ilmu syar’i, ilmu profesi, ilmu kreasi. Hari ini harus lelah-lelah dahulu daripada lelah setelah lulus. Beliau juga berpesan untuk menguatkan ibadah, tilawah, dan akhlak. Dan diakhiri dengan membuka Pesmadin FEBI IAIN Surakarta Tahun 2020 yaitu untuk angkatan kedua.
Acara dilanjut dengan pengenalan Pesmadin FEBI IAIN Surakarta oleh Daru Anggrahadi dan Siti Mutmainah, selaku perwakilan dari musrif/musrifah Pesmadin.ia mengungkapkan bahwa ijazah Pesmadin sebagai syarat untuk munaqosyah. Maka dari itu hal ini adalah wajib. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan mengenai perbedaan Pesmadin dan SKL, dimana SKL diharuskan dari kampus, sedangkan Pesmadin diwajibkan dari FABI IAIN Surakarta. Dalam pembelajaran, nantinya akan dibagi kelas-kelas, yaitu bengkel, asasi, qiroah, ulya. Selanjutnya akan ada UTS UAS. Dalam kegiatan Pesmadin terdapat mabit dengan bermalam di kampus. Pada khir tahun pembelajaran akan ada wisuda bagi yang lulus dari pesmadin dan diberikan ijazah. Dalam acara ini peserta begitu antusias dilihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Acara diakhiri dengan penutup dan sesi foto bersama.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]