Kegiatan Terkini

Direktur Diktis Kemenag RI: FEBI Harus Bisa Menjadi Pelaku Ekonomi dan Pembangunan Nasional

FEBI News | Perkembangan dan Tantangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pasca pandemi covid 19 menjadi salah satu program utama dari Kementerian Agama RI. FEBI IAIN Surakarta kali ini mendapatkan kesempatan menerima saran dan masukan dari Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI Prof. Suyitno, M.Pd. dalam acara Evaluasi Kinerja Tahunan FEBI. Acara dilaksanakan pada hari ini Selasa 3/11/2020 bertempat di Aula FEBI. Hadir dalam acara ini WR 1 IAIN Surakarta sekaligus pembicara, Ir. Waluyo Adi Sasmito, Ph.D pembicara dari UMS, Dekan FEBI, Para Wakil Dekan, Kabag TU beserta stafnya dan para Kepala prodi bersama Sekprodi, juga tentunya para dosen di lingkungan FEBI IAIN Surakarta.

Prof. Suyitno, M.Pd sampaikan apresiasi kepada FEBI IAIN Surakarta, atas perkembangan digitalisasi akademik dan pelayanan. Menurutnya kampus saat ini harus bisa menjadi Kreator, paling tidak menjadi imitator, dan jangan sampai tidak melakukan apa-apa. Berkaca pada Tiongkok yang bisa mengimbangi negara maju lainnya karena menjadi imitator dan selanjutnya menjadi kreator. Jadilah juga Muqallid yaitu peniru yang baik, dan terus mendorong langkah-langkah inovatif dengan mampu Mengadaptasi berbagai perkembangan kampus lain yang sudah maju. Menurut Direktur Diktis ini FEBI adalah fakultas yang marketabel, maka pastikan yang masuk di FEBI menjadi best of the best. Menjadi embrio mahasiswa yg bermutu. Perbanyak laboratorium praktikum ekonomi syariah, sehingga skill praktisi mahasiswa menjadi alumni yang terserap di dunia kerja. Mari buat kurikulum untuk masa depan, karena perkembangan semakin cepat dan tidak menentu. “Harapan saya sangat besar terhadap FEBI karena fakultas yang paling diminati mahasiswa.” Pesan terakhir dari Prof. Suyitno, M.Pd.

Dalam sambutannya Dekan FEBI IAIN Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si menyampaikan bahwa di tahun 2020 ini sebagai tahun peningkatan sarana dan prasarana, namun tetap melaksanakan program-program akademik yang bermutu, diantaranya program Serap aspirasi dari seluruh civitas akademika FEBI, Menyusun Renstra, Visi dan Misi sesuai dengan Kementerian Agama dan Presiden. Kemudian menyusun RPS Kurikulum berbasis Kampus Merdeka, program unggulan Pesantren Mahasiswa Diniyah Pesmadin Febi dengan jumlah santri seluruh mahasiswa baru beserta mentor 60 orang, yang hasilnya berupa peningkatan kelulusan SKL sebesar 85 %. Selain itu para Dosen FEBI telah menulis 15 buku daras berupa ebook dan audio book. Layanan Febi one touch sudah bisa dinikmati mahasiswa dan dosen, sehingga tidak ada antrean panjang mahasiswa di depan kantor TU akademik untuk mengurus administrasi persuratan. Program lainnya adalah PPL Kolaboratif & Partisipatif langsung di tengah UMKM.

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Rektor 1 bidang Akademik Dr. Imam Makruf, M.Pd yang berikan apresiasi atas perkembangan digitalisasi dan teknologi di FEBI. Hal ini menjadikan salah satu penyebab naiknya Webometrik IAIN Surakarta, dengan lonjakan 100 tingkat menjadi peringkat 110 Nasional. Selain itu WR 1 berikan support penuh kepada FEBI untuk selalu kreatif dan inovatif, terutama dalam penembangan teknologi sebagai model pendidikan tinggi ke depan, bukan hanya solusi sementara saat pandemi.

Pembicara selanjutnya Ir. Waluyo Adi Sasmito, Ph.D, salah seorang pakar dari UMS menegaskan pentingnya fakultas menjadi kelas dunia, untuk itu wajib adanya pemanfaatan kompetensi dosen dengan bebagai riset grup berkolaborasi dengan mahasiswa. Ke depan, menjadi fakultas kelas dunia harus memiliki pengelolaan pendidikan magister strata 2 dan juga Doktoral Strata 3.

Redaktur/Foto: FEBI News

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]