Informasi

Mahasiswa PPL Prodi MBS FEBI pelajari Manajemen Aplikasi Digital Pos Giro Mobile

FEBI News| Mahasiswa semester lima FEBI IAIN Surakarta melaksanakan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di masa pandemi covid 19. Mahasiswa tersebut adalah Defy Nur Khotimah yang telah selesai melaksanakan kegiatan PPL, kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 s/d 21 Januari 2021 di Kantor Pos Jl. Lawu No.8, Cangakan Timur, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pada saat pelaksanaan PPL tersebut, Defy ditempatkan di bagian UPL (Unit Pelayanan Luar), yang bertugas untuk mengelola 14 kantor pos cabang baik secara manual maupun online. Disini manajer UPL berperan melakukan pemeriksaan harian terhadap cheklist TPA yang sudah dilakukan oleh kakp cabang untuk memastikan tercapainya target. Tugas yang dilakukan peserta adalah mengkoreksi dan arsipkan laporan manual harian kantor pos cabang seperti laporan penjualan BPM (materai), daftar rincian penerimaan pospay, backsheet pengiriman pos, backsheet bayar dan setor pos remitance, laporan neraca loket, kas kecil, resi serta slip BRI. Selanjutnya mengentri dan menyiapkan permintaan BPM (Materai) kantor pos cabang dan yang terakhir membuat laporan harian 14 kantor pos cabang menggunakan aplikasi konsfila.

Aplikasi konsfila merupakan aplikasi yang digunakan oleh seluruh pegawai kantor pos untuk mengentri data secara online baik kantor pos cabang maupun kantor pusat. Konsfila memiliki beberapa menu yang sangat membantu dalam kegiatan kerja kantor pos, diantaranya laporan stop opname titipan V3, administrasi kantor, administrasi transaksi, konsfila permintaan BPM dan konsfila laporan. Setelah data pada aplikasi konsfila selesai diisi sesuai dengan laporan kantor cabang yang dicocokan melalui konsfila kantor cabang tersebut lalu kita mulai membuat laporan N2 melalui aplikasi excel setelah selesai maka laporan harian tersebut dikirim ke Kantor Regional Semarang menggunakan aplikasi zimbra email.

Aplikasi zimbra merupakan software open source untuk email server dan kolaborasi yang sangat berguna bagi pelaku UMKM maupun perusahaan untuk melakukan komunikasi dengan klien maupun kantor cabang/ pusat. Banyak manfaat yang di peroleh dari aplikasi tersebut yakni tampilan yang familiar sehingga mudah digunakan dan diakses, perpesanan dan collaboration, terintegrasi dengan hosting, kontrol keamanan dan admin serta memiliki filter spamming terbaik. Dengan aplikasi tersebut kantor pos dapat melakukan komunikasi atau mengirim file dengan cepat dan aman sehingga tercapainya manajemen waktu yang baik.

Selain itu PT. POS INDONESIA juga meluncurkan aplikasi baru yang sangat mendukung di era bisnis digital yaitu aplikasi PGM (Pos Giro Mobile). Platform PGM ini dibagun untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi pos di seluruh indonesia. PGM berbasis rekening Giro pos yang diberikan kepada pemilik rekening giro pos, sehingga pemilik rekening dapat mengakses layanan giro pos dan transaksi keuangan pos secara mobile. PGM dapat digunakan untuk top up, transaksi pembayaran, remitansi, bisa tarik tunai pula di kantor pos dan Indomaret serta pembayaran listrik, pln dan sebagainya.

Selama melaksanakan kegiatan PPL, Defy merasa senang karena para pegawai kantor pos sangat baik dan membimbing peserta dalam melaksanakan tugasnya sehingga peserta mendapatkan pengalaman yang berharga dari kegiatan tersebut juga mendapatman ilmu yang sesuai dengan kurikulum prodi Manajemen Bisnis Syariah seperti mengetahui tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang manajer.

Saat pelepasan kegiatan PPL 21/1/2021, peserta menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Pandu selaku manajer UPL Kantor Pos karena sudah dibimbing dalam melaksanakan kegiatan tersebut selama satu bulan. Peserta juga menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak Ahmad dan Bapak Djonet selaku Manajer SDM apabila dalam melaksanakan kegiatan PPL ada salah kata dan perbuatan serta kepada seluruh pegawai.
Red: Defy

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]