Kegiatan

Perdalam Praktek sistem informasi akuntansi syariah, Mahasiswa Prodi AKS FEBI lakukan PPL di KSPPS BMT Dana Mulia Utama

FEBI News| Kelompok PPL FEBI IAIN Surakarta yang beranggotakan Nurul Choirunnisa dan Serli Budiyana dari prodi akuntansi syariah, telah melakukan kegiatan PPL pada tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 21 januari 2021, kegiatan PPL ini bertempat di KSPPS BMT Dana Mulia Utama (pusat), beralamat di jalan Panasan Baru No. 88, Ngemplak, Boyolali.

Kegiatan PPL yang dilaksanakan di KSPPS BMT Dana Mulia Utama (pusat) sesuai dengan mata kuliah akuntansi syariah, akuntasi lembaga keuangan syariah dan sistem informasi akuntansi (syariah). Peserta PPL di tempatkan di bagian administrasi, marketing dan supervisor, serta membantu bagian teller apabila ada hal yang dapat dibantu. Tugas yang peserta PPL kerjakan selama satu bulan di bagian administrasi mulai dari rekap surat tanda terima agunan, registrasi pengajuan pembiayaan dan pembukaan tabungan, mengecek kelengkapan syarat pengajuan pembiayaan, mendokumentasikan proses berlangsungnya akad, cap berkas setelah akad, memintakan tandatangan kepada menajer dan saksi, mengecek ansuran dengan menggunakan aplikasi sistem informasi akuntansi. Selain itu juga memperhatikan cara transaksi pengisian pendaftaran dengan menggunakan aplikasi, syarat yang harus dipenuhi saat pengajuan, perhitungan margin bagi hasil dan ansuran perbulan. Registrasi surat masuk juga dilakukan peserta seperti surat ijin cuti, surat ijin pengadaan barang dan surat ijin servis. Selain itu, mahasiswa juga belajar sedikit tentang perhitungan margin bagi hasil dan besaran angsuran yang wajib dibayar oleh anggota yang melakukan pembiayaan.

Sedangkan di bagian marketing dan supervisor, peserta membantu dalam pengambilan tabungan di masyarakat. Dalam pencatatan transaksi tabungan juga menggunakan aplikasi yang tersambung dngan computer yang ada di kantor, hal itu dapat mempermudah pekerjaan tanpa harus mencatat dengan buku dan kertas. Terdapat alat print yang menghasilakn 2 output nota atau catatan transaksi yang satu untuk anggota yang menabung dan satunya dibawa ke kantor kemudian ditempel di kertas lalu diserahkan dibagian teller sebagai bukti. Pada bagian teller peserta membantu mengurutkan berkas pendaftaran pembukaan tabungan, rekap berkas pendaftaran tersebut di buku kemudian registrasi sesuai nomor.

Selama melaksanakan kegiatan PPL peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Peserta juga merasa senang karena diterima dengan baik oleh semua karyawan KSPPS BMT Dana Mulia Utama (pusat). Tak lupa peserta juga berterimakasih kepada para karyawan dan jajaran direktur, sebagai perwakilan peserta berterimakasih kepada Ibu Fiki Candra selaku HRD SDM KSPPS BMT Dana Mulia Utama (pusat). Semoga target-target yang hendak dicapai oleh KSPPS BMT Dana Mulia Utama (pusat) dapat terlaksana dengan baik dan mendapat hasil yang baik pula. Tak lupa dari pihak KSPPS BMT Dana Mulia Utama juga mendoakan semoga pelajaran yang didapat selama PPL bisa diterapkan di dunia luar dan bermanfaat.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]