Kegiatan

Mahasiswa PPL FEBI pelajari Penggunaan Aplikasi E-SPT Untuk Menangani Perpajakan Klien di Kantor Konsultan Pajak

FEBI News| Dalam PPL kali ini, mahasiswa Akuntansi Syariah yang bernama Erza Herenda Kevin Junior dan Gayatri Rosulina Sabila melaksanakan PPL di KKP Antin Okfitsari yang berlokasi di Sukoharjo tepatnya di belakang The Park. Mereka melaksanakan kegiatan PPL selama 1 bulan yang dimulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 21 Januari 2021.

KKP ANTIN OKFITASARI ini merupakan kantor yang bergerak dibidang perpajakan, serta merupakan kantor jasa konsultan pajak dan resmi didirikan tahun 2018 yang dipimpin oleh Ibu Antin Okfitasari, S.E., M.Si., AK., CA., BKP serta memiliki 6 karyawan tetap. Keunggulan yang dimiliki adalah jasa konsultan pajak yang mempunyai klien baik dari perorangan maupun badan seperti CV dan PT. Terdapat dua divisi, yaitu pengadaan dan perpajakan dan kami ditempatkan di bagian perpajakan. Selama pandemi ini, KKP ini menjalankan protokol kesehatan salah satunya adalah sebelum masuk kantor disediakan tempat cuci tangan dan handsinitizer.

Disana, mereka diberi kesempatan untuk belajar mengenai proses-proses perhitungan perpajakan dengan menggunakan aplikasi excel, selain itu mereka juga membantu para karyawan bagian perpajakan, di antaranya yaitu input rekening koran, merekap pembukuan, merekap penjualan, pembelian, kas, crosscheck faktur pembelian, merekap faktur pembelian dan masih banyak lagi. Namun, ada hal menarik dan pengetahuan baru yang mereka dapatkan yaitu mengenai sistem informasi perpajakan, diajarkan juga tentang aplikasi e-SPT pph 21-26 yang nantinya akan mendapatkan kode billing untuk membayar pajak. Selain itu mereka juga menginput bukti potong pph 23 ke dalam sistem IBM. Salah satu dari mereka diajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KKP) Pratama Surakarta untuk menyerahkan pembukuan klien.

“Selama 1 bulan di KKP Antin Okfitasari, banyak ilmu yang didapatkan dan pengetahuan tentang dunia kerja khusunya di bidang perpajakan, serta memberikan ilmu-ilmu baru mengenai dunia perpajakan yang selama ini hanya dipelajari secara materi kini sedikit lebih tahu bagaimana praktek dilapangannya, ilmu atau pengalaman seperti ini yang nantinya dapat menjadi bekal gambaran di dunia kerja secara universal”. Tutur Erza

Di akhir perpisahan PPL, Ibu Antin Okfitasari mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Akuntanasi Syariah yang telah melaksanakan PPL disana, karena telah membantu para karyawanya serta tidak lupa pula wejangan atau motivasi agar selalu semangat dalam belajar dan semoga apa yang didapatkan dalam kegiatan PPL ini dapat bermanfaat bagi kita nanti dalam menghadapi dunia kerja. Tak lupa mahasiswa Akuntansi Syariah pun mengucapkan terimakasih kepada Ibu Antin Okfitasari karena telah menerima mereka dengan baik untuk melaksanakan kegiatan PPL ini dan berharap semoga ilmu yang kita dapatkan bermanfaat serta dapat menjalin kerja sama untuk kedepanya.

Red; Erza

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]