Kegiatan

Kembangkan UMKM Kreatif dan Inovatif, Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen FEBI di Wilayah kartasura

FEBI News| Dosen Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “UMKM Kretif dan Inoatif”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Pada (Minggu, 7 /03/2021), . Peserta kegiatan ini adalah warga dan UMKM di Kebonbaru, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta dengan tetap mengikuti protocol kesehatan. Setelah semua peserta hadir kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan. Acara dibuka oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan pelaksana kegiatan, Anim Rahmayati, M.Si. Kemudian dilanjutkan sambutan kedua oleh Bapak Ketua RW 8 Kebonbaru, Ngadi Yitno Suwarno, dan sambutan Ibu Ketua PKK RT 4 RW 8, Siti Badriyah, S.Pd.

Dilanjutkan dengan acara sesi pertama dipandu oleh Moderator, Ibu Rosilawati, SE. Pada acara inti ini, narasumber, Bapak Khomarudin Achmad, ME menyampaikan materi tentang UMKM Kreatif dan Inovatif yaitu bagaimana mengolah bahan baku menjadi produk bernilai guna. Dengan memanfaatkan potensi yang ada yaitu bahan baku tiwul yang jika dijual murah, maka dia berinovasi menciptakan produk Brownis Tiwul. Produk olahan ini memberikan manfaat ekonomis yang tinggi. Kemudian narasumber juga mempraktikkan pembuatan tiwul menjadi brownis dan menghitung anggaran bahan baku yang digunakan dan menentukan harga jual brownis tiwul. Narasumber juga menyampaikan inovasi produk olahan tiwul selain dapat diolah menjadi brownis juga dapat diolah menjadi bolu pandan dan cake tape. Selanjutnya peserta juga diberikan cara pemasaran produk tersebut baik secara tradisional maupun memanfaatkan teknologi informasi. Acara sesi ini juga disertai dengan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua dengan narasumber dan moderator yang sama tetapi peserta sesi berikutnya.

Setelah acara selesai kemudian dilakukan acara penutupan. Pelaksana kegiatan mengucapkan terimakasih kepada narasumber, moderator dan peserta yang sudah hadir dalam acara pengabdian kepada masyarakat. Kemudian acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]