Informasi Terkini

Mahasiswi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta ikuti Program Akademik Internasional IT-YIELDS UMY

FEBI News| Mahasiswi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta mengikuti program akademik internasional yaitu Online Summer School International Training for Young Islamic Economic Leaders (IT-YIELds). IT-YIELds merupakan program internasional yang diselenggarakan pada 19 Juli – 19 Agustus 2021 oleh Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dia adalah Veronita Sukmawati dari Prodi Perbankan Syariah 2019. Peserta tersebut mengikuti kursus dalam bidang Bank and Non Bank Financial Institution: Conventional and Islamic Perspectives. Yang dipandu Oleh Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma, SE., M.Ec., CIB., CRM., CRP., CPF. Kursus ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman umum tentang teori dan praktik lembaga keuangan bank dan non bank dalam rangka mencapai dan memelihara stabilitas sistem keuangan di Indonesia, baik dari perspektif konvensional maupun Islam. Kegiatan ini diikuti oleh 123 peserta dari 5 negara (Indonesia, Gambia, Bangladesh, Pakistan, Malaysia), serta menghadirkan juga para pembicara dari berbagai negara. Kegiatan yang berlangsung selama satu bulan ini dilaksanakan secara online melalui platform MyKlass UMY e-Learning System dan Zoom meeting.

Pertemuan pertama pada tanggal 19 Agustus diawali dengan acara opening ceremony dan perkenalan oleh panitia. Acara dilanjutkan dengan pembelajaran menggunakan platform MyKlass. Pada setiap harinya peserta harus memenuhi 6 icon yaitu menyimak video pembelajaran, melakukan presensi, mengerjakan quiz, membuat diskusi forum, mengunduh materi pembelajaran, dan terakhir feedback peserta.

Materi yang dipelajari oleh para peserta adalah Ministry of Finance, Central Bank of Indonesia, Financial Services Authority, Indonesian Deposit Insurance Corporation, Conventional Bank, Islamic Bank, Insurance Company: Islamic and Conventional, Pawnshop Company: Islamic and Conventional, Capital Market: Islamic and Conventional, Microfinance Institution: Islamic and Conventional, Zakah, dan Waqf. Terdapat pula pembelajaran melalui platform Zoom meeting, pertama yaitu mengenai The Role of BI and Financial System Stability oleh Dr. Arlyana Abubakar. kedua yaitu mengenai An Overview of Indonesia Financial System Stability Framework oleh Dr. Ihda Muktiyanto. Ketiga yaitu mengenai Masterplan Development of Islamic Economic Ecosystem in Indonesia oleh Dr. Sutan Emir Hidayat. Keempat yaitu mengenai The Role of LPS and Financial System Stability oleh Ramadhian Moetomo, MM.  Terakhir yaitu mengenai Value-Based Intermediation and Financial Stability: Islamic Banks’ Case in Malaysia oleh Dr. Mohamed Eskandar Shah.

Pada akhir acara terdapat tugas akhir berupa paper assignment, summary assignment, summary of the discussion forum dan video presentation.  Hari Jumat, 20 Agustus 2021 diadakan acara closing ceremony IT-YIELds pukul 08.00-11.30 WIB yang dihadiri oleh Rektor UMY, dekan FEB, dan ketua jurusan ekonomi. Benefit dari program ini para peserta mendapatkan sertifikat internasional dan transkip nilai. Program ini merupakan program yang sangat luar biasa, mampu mempererat persaudaraan antar ekonom muda dari berbagai negara, menambah wawasan dan pengalaman sesuai bidang kursusnya, dengan adanya acara ini menjadikan ekonom muda bisa berpikir kritis dan bisa mengatasi berbagai problematika ekonomi, dapat mengetahui pula perkembangan bank dan non bank di berbagai negara.

“Saya sangat bersyukur dapat mengikuti program yang luar biasa ini, secara khusus saya haturkan terima kasih kepada Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma Course Leader dari IT-YIELds yang telah melibatkan belajar bersama para peserta dari 5 negara. Dan tak lupa saya haturkan terima kasih pula kepada Bapak Budi Sukardi, S.E.I., M.S.I selaku Kaprodi Perbankan Syariah yang telah membimbing saya selama program ini berlangsung” Ujar Veronita, salah satu peserta.

1 Comment

  • Anonim
    9 September 2021

    5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]