Kegiatan Terkini

temukan Novelty dengan Mudah: Konsorsium Dosen FEBI gelar Diskusi Penulisan karya Ilmiah

FEBI News| Unit Konsorsium Dosen FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta kembali menggelar kegiatan dikusi yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dan febiTV pada hari Selasa 12 Oktober 2021. Kegiatan kali ini mengangkat tema “ Membuat Novelty untuk Karya Publikasi” dengan harapan dapat mendorong peningktan kualitas publikasi dosen khususnya dalam memenuhi salah satu aspek penting karya ilmiah yaitu “novelty atau kebaruan”. Untuk membedah tema tersebut, kegiatan diskusi dosen kali ini menghadirkan narasumber yang telah banyak mempublikasikan karya ilmiahnya tidak hanya pada berbagai jurnal bereputasi tetapi juga dalam bentuk karya ilmiah buku yang diterbitkan secara internasional, yaitu bapak Bayu Arie Fianto, Ph.D dan dimoderatori oleh Bapak Agus Setiawan, MEI.

Mengawali kegiatan diskusi, rangkaian acara dimulai dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Dekan FEBI Bapak Dr. M. Rahmawan Arifin, SE, MSi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa FEBI terus berupaya membangun atmosfer akademik bagi para dosen dan melalui kegiatan-kegiatan ilmiah juga diharapkan semakin sejalan dengan tantangan baru yaitu transformasi lembaga dari IAIN menjadi UIN sehingga berbagai unsur termasuk SDM terus semakin mendukukng transformasi tersebut.

Setelah pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan inti diskusi yang dipandu oleh moderator. Sebelum narasumber memparkan secara khusus tentang tema diskusi yaitu novelty dalam karya ilmiah, narasumber mengawali materi dari paparan umum berkaitan dengan naskah publikasi diantaranya pengalaman beliau membuat beberapa karya publikasi dari disertasi, enam unsur penting dalam naskah publikasi mulai dari motivasi, riset gap, hingga story dari naskah publiksi, kemudian dilanjutkan dengan lima unsur didalam menulis artikel mulai dari originalitas hingga kesimpulan dan implikasinya. Paparan materi kemudian dilanjutkan dengan deskripsi contoh implementasi dalam karya ilmiah. Secara khusus berkaitan denan aspek “novelty” narasumber memberikan paparan dan contoh bahwa dalam sebuah karya ilmiah, bisa dibangun dengan beberapa novelty, baik novelty dilihat dari topik secara umum, datanya, metodenya atau dari unsur yang lain. Kegiatan diskusi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta diskusi sangat antusias memberikan respon dan pertanyaan kepada narasumber baik yang disampaikan secara langsung maupun melalui kolom chat. Setelah berakhir sesi tanya jawab, kegiatan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. (Usnan)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]