Kegiatan Terkini

Lejitkan Minat Menulis Artikel Ilmiah Bereputasi Global, Komunitas Jurnalis Febi Adakan Ruang Jurnalistik bagian #4

FEBI News| Melalui media zoom meeting, Komunitas Jurnalis FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan acara Ruang Jurnalistik Part 4, pada hari Senin (06/12/2021). Acara Ruang Jurnalistik ini bertajuk “Strategi Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Global” dihadiri oleh banyak peserta baik dari Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta maupun instansi lain dan juga kalangan umum.

Acara ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Pimpinan Umum Komunitas Jurnalis FEBI, Ajeng Astrid Dwi Kencana, dan diisi oleh narasumber Sayekti Endah Retno Meiani, S.E, M.Si, AK. CK selaku Dosen FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. Dengan dimoderatori oleh Annisa Fitri selaku Staff Divisi Redaksi KJF, acara pada kesempatan sore hari itu, Ibu Endah menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih maupun menulis jurnal bereputasi nasional ataupun global. Beliau juga memberikan beberapa tips untuk menulis jurnal bereputasi, diantarnya yaitu mengubah masalah lokal menjadi global, artikel harus selalu memiliki novelty/kebaruan, sesuai dengan cakupan dan gaya selingkung, mengikuti kaidah bahasa yang resmi dan baku, dan masih banyak lagi.

Memasuki sesi yang selanjutnya yakni sesi tanya jawab, antusiasme para peserta terlihat cukup besar yang menjadikan bukti menariknya tema yang diusung hari ini. Pada akhir acara, Ibu Endah mengatakan bahwa menulis itu muncul dari sebuah ide, dan kita harus menuliskannya dalam bentuk naskah bahkan jika hanya terlintas satu kalimat saja, sebab suatu saat kumpulan ide itu akan menjadi suatu karya berkualitas yang menakjubkan.

Dengan terselenggaranya acara Ruang Jurnalistik Part #4 ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam dunia publikasi jurnal ilmiah bereputasi, sehingga bisa menjadi gebrakan awal peserta dalam dunia kepenulisan ilmiah.

Redaktur : Lin/KJF

1 Comment

  • Anonim
    7 Desember 2021

    5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]