Kegiatan Terkini

Laboratorium FEBI siap gelar Praktikum Semester Genap Tahun 2022

FEBI News| Lebih dari 30 Mentor dan Asisten praktikum mengikuti Rapat Koordinasi pelaksanaan Praktikum Laboratorium FEBI. Acara dilaksanakan pada Rabu (26/1/2022) di ruang aula FEBI serta dipimpin langsung oleh Kepala Laboratorium FEBI Septi Kurnia Prastiwi, MM. Dalam acara ini hadir pula Wakil Dekan 1 bidang akademik Dr. Awan Kostrad Diharto, para Kaprodi, serta Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Dwidjo Martono, S.E., M.M.

Kepala Laboratorium menyampaikan kesiapan para mentor dan asisten praktikum pada sesi praktikum semester genap tahun ajaran 2022 ini. Terdapat 5 praktikum yang wajib diikuti oleh mahasiswa FEBI, yaitu: Praktikum Digital Kreatif bagi Mahasiswa semester 2, Praktikum Digital Marketing bagi Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis syariah semester 4, Praktikum Zahir bagi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah semester 4, Praktikum Bank Syariah bagi Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah semester 4 dan Praktikum Kewirausahaan bagi Mahasiswa semester 6.

Di acara rakor ini juga disosialisasikan Pedoman Teknis Praktikum FEBI Semester Genap sebagai berikut:

1. Praktikum semester genap yaitu Praktikum Digital Kreatif bagi Mahasiswa semester 2, Praktikum Digital Marketing bagi Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis syariah semester 4, Praktikum Zahir bagi Mahasiswa Program Studi Akuntansi syariah semester 4, Praktikum Bank Syariah bagi Mahasiswa Program Studi Perbankan syariah semester 4 dan Praktikum Kewirausahaan bagi Mahasiswa semester 6 dilaksanakan dengan mekanisme Luring dan daring.

2. Praktikum Praktikum Digital Kreatif, Praktikum Digital Marketing. Praktikum Zahir, Praktikum Bank Syariah untuk pertemuan yang dilakukan sebelum UTS maka akan dilakukan secara luring (materi akan disesuaikan dengan tingkat urgensi pelaksanaan praktikum secara luring. Jika terdapat materi praktikum yang belum terselesaikan secara Luring sebelum Pelaksanaan UTS maka akan dilaksanakan secara daring (materi praktikum disesuaikan yang pelaksanaan bisa secara daring).

3. Praktikum Kewirausahaan bagi Mahasiswa semester 6 untuk pertemuan yang dilakukan sebelum UTS maka akan dilakukan secara daring (materi akan disesuaikan dengan tingkat urgensi pelaksanaan praktikum secara daring). Selanjutnya untuk praktek bazar online dan offline akan dilaksanakan secara luring waktu pelaksanaannya setelah UTS.

4. Pelaksanaan praktikum luring untuk praktikum Zahir dan praktikum bank syariah pada materi aplikasi Salam BRIS serta praktikum digital kreatif materi aplikasi desain/editing praktek menggunakan Laboratorium Komputer/Multimedia di FEBI UIN Surakarta. Penggunaan Jadwal Laboratorium Komputer harap dikoordinasikan dan disesuaikan dengan jadwal kelas PTM. Apabila Mahasiswa mempunyai Laptop maka beberapa praktikum dapat dilaksanakan dikelas sesuai jadwal PTM.

5. Penjadwalan Pelaksanaan praktikum secara luring yang menggunakan ruang kelas harap disesuaikan dengan pelaksanaan jadwal PTM setiap kelas dan diharapkan menggunakan kelas yang sama. Penjadwalan dikoordinasikan dengan asisten masing-masing praktikum.

6. Pelaksanaan praktikum secara luring tetap menjaga protokoler Kesehatan dan mengikuti aturan PTM yang ditetapkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Surakarta, dan peserta praktikum mengisi form screening.

7. Pelaksanaan praktikum termasuk Grand Opening Praktikum, project serta penilaian sebanyak 12 Pertemuan dengan durasi tiap pertemuan 60 Menit.

8. Pelaksanaan praktikum mengacu pada RPP (Rencana Pembelajaran Praktikum). Pelaksanaan praktikum secara daring dapat menggunakan Google meet, maupun Zoom, serta menggunakan Video Pembelajaran Praktikum sebagai pendukung penyampaian materi, untuk Whatsapp group digunakan sebagai media koordinasi dengan mentor, asisten dan mahasiswa. Pelaksanaan praktikum daring dengan mentor tamu/eksternal atau grand opening maka dapat digabung semua peserta. Pelaksanaan praktikum secara daring jika digabungkan maksimal 2-3 kelas.


Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]