Kegiatan Terkini

FEBI merancang Buku Panduan Tugas Akhir Mahasiswa berdasarkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka

FEBI News| Sebagai upaya untuk terus merespon berbagai tantangan dan tuntutan perkembangan zaman, juga untuk terus menyesuaikan kegiatan akademik yang ada di kampus dengan regulasi yang ada, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada Jum’at (4/3/2022) menyelenggarakan kegiatan Entry Meeting sebagai tahap awal dalam rangkaian penyusunan buku panduan tugas akhir yang mengakomodir konsep dalam kurikulum merdeka belajar- kampus merdeka (MBKM). Kegiatan entry meeting ini diharapkan menjadi media untuk menyerap berbagai pandangan dan masukan, sehingga diharapkan buku panduan yang nantinya disusun benar-benar applicable dan sejalan dengan tujuan yang ingin direalisasikan, serta dengan tetap mempertimbangkan bobot tugas akhir tersebut secara terukur.

Kegiatan entry meeting diawali dengan sambutan Dekan FEBI, Dr. M. Rahmawan Arifin, SE, MSi sekaligus memberikan arahan dan pandangan awal berkaitan dengan kegiatan penyusunan buku panduan tugas akhir di tahun 2022 ini, yang berlandaskan pada pedoman tugas akhir terbaru dari universitas. Kegiatan entry meeting yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan di lingkungan FEBI UIN Surakarta dan beberapa Dosen FEBI yaitu Prof. Drs. H. Sri Walyoto, PhD (Guru besar FEBI dan Senat Universitas), Drs. Azis slamet Wiyono, MM (Dosen MBS), Dr. Hj. Datien E. Utami, MSi (Dosen MBS), Marita Kusuma W, MSi, Ak, CA (Senat Universitas dan dosen AKS), Dr. Waluyo, Lc., MA (Dosen PBS), Ika Yoga, MM (Dosen MBS) dan Arif Nugroho, M.Pd (Jurnal Shirkah dan Dosen AKS). Kegiatan entry meeting yang dilaksanakan menghasilkan beragam masukan dan saran serta hal-hal yang perlu dievaluasi dan dilengkapi dalam penyusunan buku panduan tugas akhir bagi mahasiswa, diantaranya (1) perlu memperhatikan kesesuaian beberapa bentuk tugas akhir dengan kurikulum, (2) memperhatikan Kembali antara tugas akhir skripsi dan tugas akhir jurnal, (3) perlu membreakdown lagi kriteria dan penilaian pada tugas akhir dalam bentuk Jurnal, (4), tugas akhir berupa jurnal juga kiranya bisa dikembangkan misalnya proceeding atau book chapter, (5) perlu pedoman teknis yang lebih jelas dan detail untuk tugas akhir berupa intership/magang, sehingga jelas berbeda dengan kegiatan PPL yang telah ada, (6) perlu mempertimbangkan pula kesiapan dari aspek SDM, dan beberapa masukan-masukan pandangan pandangan lain.

Kegiatan entry meeting kemudian diakhiri dengan closing statemen yang disampaikan oleh Dekan FEBI yang menyampaikan banyak terimakasih atas berbagai masukan dan saran yang disampaikan, Dekan juga menyampaikan bahwa ketersediaan beberapa bentuk tugas akhir pada dasarnya bukan untuk memilih enak atau tidak enak, tetapi untuk memberikan beragam pilihan kepada mahasiswa, dan tentunya ini juga sejalan dengan apa yang telah ada dalam panduan induk yaitu pedoman penulisan tugas akhir di UIN Raden mas Said Surakarta. (Usnan)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

1 Comment

  • Anonim
    6 Maret 2022

    5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]