Kegiatan Terkini

Perkuat Inovasi Pemasaran, Puluhan Pegawai BMT se Karanganyar mendapatkan Pelatihan Digital Marketing

Penulis: Asep Maulana Rohimat

FEBI News| Karanganyar, (Selasa, 19/April/2022) Puluhan pegawai BMT se Karanganyar mengikuti pelatihan Digital Marketing di Kantor Pusat BMT Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Mereka adalah utusan dari 16 BMT yang tergabung dalam Perhimpunan BMT Indonesia MPD Karanganyar.  Kegiatan ini adalah serangkaian roadshow Program Kolaboratif Industrial yang dilaksanakan oleh FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta berkolaborasi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Surakarta. Sehari sebelumya acara pelatihan digelar di Kabupaten Sukoharjo.

Menjadi narasumber utama adalah Catur Sugiarto, Ph.D selaku Pengurus MES Surakarta dan pakar digital marketing. Materi yang disampaikan diikuti secara antusias oleh seluruh peserta, terutama pada sesi tanya jawab terkait trik digital marketing bagi masyarakat di daerah. Hadir pula Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin,  M.Si, Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Woro Retnaningsih,  M.Pd, serta ketua Perhimpunan BMT MPD Karanganyar M. Indarto, S.Ag.

Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan FEBI, Dr. M. Rahmawan Arifin,  M.Si menyampaikan pentingnya acara ini agar para pegawai BMT memiliki skill dan kompetensi marketing kuat berbasis digital. Ia mencontohkan Runtuhnya bisnis  HP Nokia salah satu penyebabnya adalah tidak mampu berinovasi. Padahal, Inovasi hal yang sangat penting bagi semua orang, terutama inovasi kreatif di media digital. Selain itu, Era kompetisi saat ini akan mulai tergerus dengan kolaborasi. “Kompetisi boleh, dengan cara yang sehat, namun lebih bagus lagi jika melakukan kolaborasi,  dengan kolaborasi akan bersama-sama menutupi kekurangan dan membagi keuntungan.”ungkapnya.

Perhimpunan BMT adalah salah satu bentuk kolaborasi yang baik antar seluruh pegiat ekonomi syariah, lembaga keuangan mikro syariah. Pada kesempatan ini juga, Dekan mendeklarasikan FEBI akan mengembangkan prodi Islamic banking and financial technology, sebagai respon atas perkembangan digital yang sangat cepat. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh M. Indarto, S.Ag selaku ketua Perhimpunan BMT Karanganyar. Ia menyambut baik kegiatan kolaboratif ini karena  pentingnya kolaborasi adalah seperti berjamaah, saling bekerjasama untuk kebaikan, saling mendoakan, sehingga  setiap orang harus bersungguh-sungguh  beraktifitas dalam segala hal. Ia menambahkan bahwa Karyawan BMT yang milenial harus mampu menyesuaikan dengan pengembangan teknologi saat ini, yaitu dengan memiliki kompetensi digital marketing yang kuat.

Acara inti disampaikan secara komprehensif dengan berbasis data dan fakta terkini terkait tren digital marketing,  juga praktek membuat google business dan optimalisasi media sosial serta website.


FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]