Kegiatan Terkini

Undang Pedagang Kaki Lima sekitar Kampus, FEBI kuatkan kemitraan antara Kampus dan Masyarakat

Penulis: Asep Maulana Rohimat

FEBI News| Memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadhan 1443 H. Selasa (12/4/2022), Fakultas Ekonomi dan Bisnis  UIN Raden Mas Said mengundang para pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar kampus. Agenda ini dalam rangka program Kolaboratif Industrial bersama Perhimpunan BMT Indonesia dan BUMDES. Dalam agenda ini, para pedagang diberikan edukasi terkait literasi kuangan syari’ah, dan didorong untuk menjadi mitra dengan BMT Mazaya. BMT Mazaya adalah BMT laboratorium keuangan syari’ah yang dimiliki FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Puluhan pedagang kaki lima beserta mahasiswa magang di BMT Mazaya menjadi peserta dalam acara ini. Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si menjadi pembicara pertama sekaligus berikan sambutan hangat kepada seluruh masyarakat pedagang yang selama ini berjualan di sekitar kampus UIN. Menurutnya, acara ini adalah  Sambung rasa, saling mengenal satu dan lainnya. “Baru kali ini Fakultas di lingkungan UIN dengan total mahasiswa 18.000 orang mengundang para pedagang untuk bersama-sama melihat area dalam kampus”, ungkapnya. FEBI menjadi Fakultas yang paling tepat mengundang pedagang, karena terkait dengan pengembangan ekonomi masyarakat. Dalam kesempatan ini juga Dekan berterimakasih kepada para pedadang yang selama ini menyedikan kebutuhan sekitar 5500 mahasiswa dan pegawai FEBI. sebagai rasa syukur sebagai Fakultas favorit di UIN Raden Mas Said. Kehadiran kampus bisa memberikan efek pengembangan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Acara hari ini juga menghadirkan pembicara praktisi keuangan mikro dari BMT Amanah Umah Surakarta, yaitu Dewi Selvia, SE selaku Direktur Investasi dan Pelayanan. Menurutnya, para pedagang bisa mengamanahkan dananya di BMT Mazaya dengan konsep syari’ah, dana tersebut dalam dalam rangka pengembangan hasil usaha untuk diinvestasikan. Inilah yang disebut dengan Perencanaan keuangan berupa tabungan syariah. Dengan menabung inilah kebutuhan di kemudian hari bisa didapatkan dengan mudah.

Salah satu peserta yang hadir dalam acara ini, Renita memberikan testimoni terkait motivasinya menabung di BMT Mazaya, “saya menabung di BMT Mazaya karena mudah dan aman, petugas BMT sangat ramah dan menjemput tabungan langsung ke toko saya”, ujar pedagang yang setiap hari berjualan di depan kampus UIN tersebut. Defi Wulandari, S.P selaku Manajer Operasional BMT Mazaya sekaligus Staf marketing BMT AUM kemudian memberikan doorprize kepada para peserta. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama di taman Literasi FEBI.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]