Kegiatan Terkini

Belajar langsung ke Anggota DPR RI, SEMA FEBI ikuti Workshop Legislatif di UIN Walisongo Semarang

FEBI News| Semarang – Kamis/Jumat (9-10/6/2022) Senat Mahasiswa (SEMA) FEBI ikuti Workshop Legislatif dengan tema “Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi Legislator Muda Sebagai Penggerak Perubahan Bangsa dalam Menciptakan Kebijakan” yang bertempat di ruang Theater Lantai 3 Gedung ISDB FSH UIN Walisongo Semarang. Workshop Legislatif yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang ini menghadirkan pembicara H. Bambang Kusriyanto. B. SC. (Ketua DPRD Jawa Tengah) yang diwakili oleh H. Sukirman, S.S (Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah) dengan pembahasan “Mengenal Lembaga Legislatif”. Dan pembicara dihari kedua yaitu Dr. H. A Mujib Rohmat, M. H. Selaku DPR RI Komisi X dengan pembahasan “Mengulik Bagaimana Seharusnya Peran Seorang Anggota Legislatif”.

Materi pertama yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, bapak H. Sukirman, S.S memperkenalkan Lembaga Legislatif yang ada di Indonesia mulai dari tugas, wewenang, dan fungsi dari DPR sampai DPRD. Selain itu beliau juga memaparkan elemen – elemen apa saja yang dapat mempengaruhi system politik Indonesia yaitu diantaranya Organisasi Masyarakat, Ekonom, bahkan Mahasiswa sekalipun dapat mempengaruhi system politik Indonesia.

Mahasiswa sebagai agent of change mempunyai privilege untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan politis di indonesia melalui aspirasi-aspirasi rakyat yang akan disampaikan melalui mahasiswa. DPR/DPRD dalam membuat kebijakan yang akan berpengaruh kepada rakyat seharusnya dapat diberikan pandangan umum oleh Mahasiswa melalui forum Uji Publik, tetapi pada faktanya mahasiswa jarang dilibatkan dalam forum uji publik itu sendiri. Harapannya dari materi pertama ini mahasiswa dapat berperan aktif dalam mengawal isu isu dan kebijakan pemerintah supaya dapat mempengaruhi system politik Indonesia karena kita sebagai Mahasiswa dimasa depan akan menjadi nahkoda dalam menggerakan kapal besar yang bernama Indonesia.

Di hari berikutnya, Jumat (10/6) dilanjut materi kedua yang disampaikan oleh Dr. H. A. Mujib Rohmat M.H (DPR RI komisi X) mengulik bagaimana seharusnya peran seorang anggota legislatif dalam pengambilan kebijakan pemerintah. Meskipun bapak dewan tidak dapat membersamai secara luring tetapi beliau tetap menyampaikan materi secara interaktif kepada audiencenya. Beliau mengharapkan dengan adanya acara ini dapat mencetak legislatof muda yang berwawasan demokratis, aspiratif, solutif, dan profesional.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan delegasi dari Senat Mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta dapat menerapkan ilmu kelegislatifan ke tataran fakultas. SEMA FEBI sebagai lembaga legislatif tertinggi ditingkat fakultas akan terus berkembang dengan berada di ruang lingkup legislatif sebagaimana mestinya. (SEMA)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

1 Comment

  • Anonim
    16 Juni 2022

    5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]