Terkini

HIPMI-FEBI-CHR UIN Raden Mas Said lakukan Program Kolaboratif dalam Pendampingan Halal SELF Declare bagi UMKM

Penulis: Asep Maulana Rohimat

FEBI News|Setiap UMKM yang bergerak di bidang kuliner tentu wajib mengantongi Sertifikat Halal, untuk mendapatkannya perlu berbagai syarat dan proses yang ketat. Momentum Halal Self Declare yang digagas oleh BPJPH Kementerian Agama menjadi salah satu angin segar bagi para UMKM yang ingin segera mendapatkan Sertifikat Halal. Untuk itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta mendukung penuh program tersebut, berupa Pendaftaran Halal Mandiri yang menjadi agenda bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Sukoharjo serta Para Pendamping Halal dari Centre for Halal Research UIN Said. Acara ini dilaksanakan pada Kamis (30/6/2022) di Kampus FEBI.

Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si kepada awak media mengatakan bahwa kesadaran konsumen muslim terhadap produk-produk halal merupakan salah satu yang harus direspon positif oleh pelaku UMKM, dalam memproduksi suatu bahan makanan dan minuman produsen UMKM wajib memperhatikan  layanan dan kaidah-kaidah Islam, yang nantinya akan menjadi prasyarat mendapatkan sertifikat Halal. Dekan juga memberikan apresiasi atas kegiatan kolaboratif ini. “Bagi pelaku UMKM yang kedepannya akan dilakukan pendampingan manajemen tata kelola keuangan, pemasaran dan pendampingan SDM supaya bisnisnya lebih optimal” pungkasnya.

Puluhan peserta UMKM ini didampingi langsung oleh Trainer dan Pendamping Halal dari Centre for Halal Research UIN Raden Mas Said yaitu Ilzamha Hadijah Rusdan, S.TP., M.Sc., Ikhda Khullatil Mardliyah, S. Farm., Apt., Dita Anggrella P, M.Pd.,  Dewi Hambar Sari, M.Biomed, Arian Agung Prasetiyawan, SE., Muhammad Rexsa Assyarofi, S.E, dan Rani Tri Wahyuni. Serta Sumantri, ST. Para pendamping ini dengan penuh kesabaran dan ketelitian mendampingi para pelaku UMKM untuk submit semua persyaratan melalui laman https://sehati.halal.go.id yang dikelola oleh PBPJH Kementerian Agama.

Sri Isma Yuniawati, S.Pd selaku Sekretaris BPC HIPMI Sukoharjo menyatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi para UMKM mendapatkan sertifikasi halal secara gratis dan akan berakhir pada hari ini juga, Kamis 30 Juni 2022. Karena setelah tanggal ini, akan ada sejumlah pembayaran dalam mendaftarkan sertifikasi produknya. Selain itu, Asep Maulana Rohimat, M.S.I selaku pelaksana program Kolaboratif FEBI menyatakan bahwa FEBI sebagai lembaga akademik akan terus mendukung semua program peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk dalam hal ini program halal self declare yang diprakarsai oleh HIPMI kali ini. “terimakasih kepada HIPMI BPC Sukoharjo dan Para Pendamping Halal dari Centre for Halal Research, semoga kedepan ada lagi kegiatan-kegiatan kolaborasi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara riil di masyarakat.” Ungkapnya.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]