Kegiatan Terkini

Kolaborasi dengan Budayawan Mataram Jaya Binangun dan Pengusaha Muda, FEBI gelar Dialog Wisata di Petilasan Benteng Kraton Kartasura

Penulis: Asep Maulana Rohimat
Foto: Hanif

FEBI News| Sukoharjo (16/6/2022), Dialog interaktif Desa Wisata digelar hari ini di Pendopo Petilasan Benteng Kraton Kartasura, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melalui program kolaboratif industrial menjadi penyelenggara utama pada kegiatan tersebut dengan Dr. Hj. Woro Retnaningsih, M.Pd sebagai ketua panitia. Kegiatan ini menghadirkan Sejumlah Budayawan, Sejarawan, Akademisi dan Pengusaha Muda serta para aktivis mahasiswa dari ORMAWA (DEMA, SEMA, dan HPMS), kelompok Studi Mahasiswa serta LSO FEBI (FRESH dan PAKKIS). Hadir pula komunitas penggiat budaya yaitu Mataram Jaya Binangun, Gerbang Budaya, Paguyuban Kawula Kraton Surakarta (PAKASA), Pecinta Museum, Bangkit Mandiri Wanita, dan komunitas lainnya.

Acara ini dikemas melalui dialog interaktif yang dimoderatori oleh Asep Maulana Rohimat, M.S.I selaku Dosen Islam dan Budaya Jawa FEBI UIN Said. Tema yang diusung adalah Rancang Bangun Potensi Ekonomi Kreatif di Petilasan Benteng Kraton Kartasura. Sebelum acara dialog digelar, seluruh peserta dipandu oleh Mbah Koko selaku Ketua Mataram Joyo Binangun untuk berkeliling area petilasan Benteng Kraton Kartasura, diantaranya makam Bendara Adipati Raden Ayu Sedah Merah, Makam Kanjeng Pangeran Haryo Panular, Petilasan Dalem, Bangsal Palereman, hingga tembok lubang Geger Pecinan. 

Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si menyampaikan opening Speech dalam acara ini, ia menegaskan bahwa FEBI UIN Raden Mas Said siap menjadi pionir dalam pengembangan ekonomi kreatif di area petilasan Kraton Kartasura, untuk itu acara hari ini digelar dengan menggandeng banyak pihak, yaitu Budayawan, Sejarawan, Akademisi dan Pengusaha Muda. Selaku Perguruan Tinggi, FEBI wajib mengutus dosen-dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, serta menginstruksikan ORMAWA untuk melakukan kegiatan di Petilasan ini.

Pembicara selanjutnya adalah Budayawan Surakarta Anjar Sumirat, ia menyampaikan alur sejarah Kraton Kartasura sebagai cikal bakal keraton Kasunanan Surakarta serta Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Hadiningrat. Budayawan yang juga kolektor keris ini pun menyampaikan makna Kartasura sebagai Kota dengan kemakmuran dan perjuangan. Selain itu iapun mengajak kepada semua pihak untuk meluruskan sejarah Kraton Kartasura sebagai literasi untuk generasi muda.

Guru Besar UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. Toto Suharto, M.Pd turut menyampaikan gagasannya untuk pengembangan ekonomi kreatif di Petilasan Benteng   Kraton Kartasura, diantaranya adalah dengan menggali potensi ekonomi berupa kuliner khas, fashion, wisata spiritual, permainan jaman dulu, serta wisata edukasi. “Semua potensi akan bisa dikembangkan jika semua pihak bergerak bersama memajukan Petilasan Benteng Kraton Kartasura.”pungkas Dekan Fakultas Adab dan Bahasa UIN Said tersebut.

Dr. Awan Kostrad Diharto selaku Wakil Dekan 2 FEBI ikut menyampaikan gagasannya dalam dialog ini, ia menegaskan perlunya  kompromi antara budaya, ekonomi dan perilaku konsumen supaya tidak ada konflik yang mengganggu pertumbuhan ekonomi di lokasi wisata kedepan.  Agung Dirmansyah, S.Kom selaku Ketua BPC HIPMI Sukoharjo, menjadi pembicara terakhir dengan menyampaikan peran dari HIPMI selaku perkumpulan para pengusaha muda, ia menegaskan bahwa HIPMI siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembankan ekonomi kreatif di lokasi Petilasan Benteng Kraton Kartasura ini. Ia menambahkan potensi desa wisata yang akan dilaksanakannya bisa memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat, “peluang sangat besar di Kartasura ini, kita akan perkuat branding dan publikasi secara virtual” pungkasnya.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]