Kegiatan Terkini

Dalam Opening Ceremony, Sekjen Kemenag RI dukung ICIES ke 3 melahirkan Rekomendasi Penguatan Ekonomi Sektor Riil

Penulis: Asep Maulana Rohimat

FEBI News| Sukoharjo (27/7/2022), Agenda utama International Conference of Islamic Economics Studies (ICIES) ke 3 tahun 2022 digelar di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Nizar Ali membuka agenda ICIES ini didampingi oleh Rektor dan Dekan FEBI UIN Said. Hadir pula Wakil Rektor 3 Prof. Samsul Bakri, Para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan kampus UIN Said, Para Dekan Asosiasi Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS), pengelola jurnal, presenter, dosen, mahasiswa dan para tamu undangan.

Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, memberikan sambutan pertama pada opening ceremony yang digelar di Graha UIN Said. Menurutnya  ICIES ke 3 kali ini mengusung tema: Islamic Economy in adapting Global Changes: Developing Business Resilience and Digital Ecosystem. Alasan tema ini diusung karena dunia Ekonomi Islam  akan selalu beradaptasi sesuai perkembangan zaman, terutama sistem digital. Tercatat dalam Konferensi bertaraf internasional ini masuk 290 abstrak paper, 120 full paper, dan  51 accepted paper.  Author dan atau co author kali ini berasal dari Malayasia, Maroko, Turki, dan Indonesia. Terdapat 9 paper dari mahasiswa yang dipresentasikan juga dan perlu diapresiasi untuk level ini. “ICIES kali ini dilaksanakan di kampus FEBI yang berusia 22 tahun, karena kebanggaan kepada para presenter internasional supaya lebih kenal dengan FEBI” pungkasnya.

Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta Prof. Mudofir memberikan apresiasi kepada FEBI atas terselenggaranya ICIES ke 3, ia mendorong para penulis dan peneliti dalam mendiskusikan ekonomi islam untuk beradaptasi sesuai perubahan dunia global, hal ini sejalan dengan dengan agenda kegiatan dies natalis UIN Said ke 30. Menurut Rektor, setiap peneliti dan akademisi wajib mendukung peranan ekonomi islam, ikut terlibat dalam pengembangan masyarakat, menjadi open society, dan mampu menerima perubahan. “Forum ICIES Ini harus mempertanyakan kembali fenomena ekonomi Islam di perubahan Global, dengan meneliti berbagai macam perubahan sosial dan memberikan solusinya” pungkas Rektor.

Sekjen Kemenag menyambut baik acara ini dengan mengapresiasi ICIES ke 3 dan memberikan pesan supaya menghasilkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam sektor riil, seperti dukungan terhadap industri halal seperti Halal food, fashion, media entertainment, wisata, farmasi, kosmetik dan dukungan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Langkah nyata yang dilakukan Kementerian Agama diantaranya adalah pembentukan Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH).  

masih menurut Sekjen Kemenag, bahwa diperlukan Empat hal dalam pengembangan kawasan industri halal secara nasional, yaitu pertama, Pilar & infrastruktur, diantaranya kawasan ekonomi syariah di daerah. Kedua  kebutuhan SDM Industri halal, seperti auditor halal,penyelia halal, dan  juru sembelih halal. Ketiga Layanan jasa keuangan perbankan syariah, dan keempat Edukasi serta promosi halal, dengan mewujudkan mengubah masyarakat muslim Indonesia dari konsumen ke produsen.

Prof. Nizar menutup pemaparannya dengan mendorong forum konferensi ICIES ke 3 mampu melahirkan berbagai rekomendasi yang konkret untuk penguatan ekonomi syariah sektor riil, terutama kontribusi kepada masyarakat pasca pandemi.

Kegiatan selanjutnya adalah Plenarry Session yang dimoderatori oleh Putu Widi Iswari, MM dan menghadirkan pembicara internasional yaitu Prof. Prof. M. Kabir Hassan, Ph.D., dari University of New Orleans, Prof. Dr. Muhammad Ridhwan Ab. Aziz dari University Sains Islam Malaysia serta Prof. Dian Masyita, Ph.D. dari University of Padjadjaran Bandung.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]