Kegiatan Terkini

Dies Natalis UIN ke 30, Gusti Moeng bersama 840 mahasiswa FEBI hadiri Kirab Budaya dan Bentang Bendera 1000 meter di Petilasan Mataram Kraton Kartasura

Penulis : Asep Maulana Rohimat
Foto : M. Hanif Aditya

FEBI News| Sukaharjo, Jum’at (26/8/2022). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said menggelar acara yang cukup besar pada hari ini, yaitu Kirab Budaya yang dilakukan oleh civitas akademik FEBI dalam rangka memperingati Dies Natalis Kampus UIN Raden Mas Said yang ke 30 serta Dies Natalis FEBI yang ke 22, agenda utama hari ini adalah kirab 30 gunungan hasil bumi karya mahasiswa baru, bentang bendera merah putih 1000 meter, serta pengukuhan 840 mahasiswa baru sebagai milenial penjaga Keraton Kartasura. Lokasi gelaran acara budaya ini adalah dari lapangan Kampus UIN menuju ke Petilasan Mataram Kraton Kartasura. Acara dimulai sejak pukul 07.00 WIBdengan diiringi lagu-lagu kemerdekaan oleh seluruh peserta. Kegiatan ini juga adalah event kolaborasi antara FEBI dengan Mataram Jaya Binangun.

Gusti Moeng yang memiliki nama lengkap Gusti Kanjeng Ratu Wandansari Koes Moertiyah, turut hadir dalam acara ini. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap Kampus UIN yang telah menggelar gelaran acara kirab budaya, “Kalau sebelum ini menyaksikan bagaimana ada sekelompok orang yang sama sekali tidak menghargai jasa-jasa para leluhur yang  ikut mendirikan republik ini, pagi hingga siang tadi saya menyaksikan sebuah peristiwa yang mengesankan. Seakan berkebalikan dan kontras sekali. Ratusan mahasiswa ekonomi UIN RM Said mengadakan kegiatan peringatan 17-an di sana. Bahkan kirab dengan membentangkan bendera Merah-Putih sepanjang 1000 meter. Ini kegiatan generasi muda yang sangat pantas diteladani dan patut dicontoh warga bangsa ini. Mereka jelas sangat menghargai nilai-nilai peninggalan leluhur Mataram, yang telah banyak andil mendirikan republik ini.  Trima kasih atas apresiasi ini,” jelas Gusti Moeng

Dekan FEBI UIN Raden Mas Said, Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si yang menjadi inisiator acara ini menyampaikan bahwa kirab bentang bendera 1.000 meter tersebut dilakukan untuk mengenalkan petilasan Keraton Kartasura kepada para mahasiswa baru. “Kampus UIN itu tidak jauh dari petilasan Keraton Kartasura yang dulu menjadi pusat kebudayaan Jawa. Kita harus ikut menjaga dan melestarikan. Ada sekitar 850 siswa baru beserta ratusan panitia dan dosen sehingga ada sekitar 900  orang lebih yang ikut,” terangnya.

Dalam rangkaian acara ini juga turut dihadiri oleh Wakil Rektor 2 UIN Dr. M. Usman, dan Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Samsul Bakri. Juga dilakukan penyerahan secara simbolis hibah bantuan sepeda dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang diserahkan oleh Hari Nopa Kurniawan selaku Area Manager Bank Syariah Indonesia Area Solo kepada Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si. Bantuan sepeda ini dalam rangka dukungan BSI kepada FEBI menuju kampus ramah lingkungan dan program Green Campus.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]