Kegiatan Terkini

FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Safari Rintisan Kerjasama MBKM ke 3 PTKIN di Sumatera Barat

Penulis: Zakky F.A

FEBI News| Batusangkar, Jum’at (23/9/2022) Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) saat ini menjadi salah satu kegiatan unggulan di berbagai perguruan tinggi baik PTN maupun PTKIN. Dalam hal ini FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta merupakan salah satu Fakultas di PTKIN yang telah berhasil melaksanakan program MBKM melalui kerjasama dengan berbagai mitra baik sesama Perguruan Tinggi maupun dengan industri. Sebagai upaya yang lebih intens lagi dalam mengimplementasikan program MBKM, FEBI UIN Surakarta melaksanakan kegiatan safari untuk merintis kerjasama MBKM dengan beberapa PTKIN di Sumatera Barat diantaranya dengan UIN Imam Bonjol Padang, UIN Bukittinggi dan UIN Batusangkar.

Kegiatan safari kerjasama MBKM yang berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 21-23 September 2022 dipimpin langsung oleh Dekan FEBI UIN Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, didampingi oleh Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Woro Retnaningsih, Sekretaris Jurusan Eksyar Usnan, MEI, Koordinator Prodi MBS Zakky Fahma Auliya, MM. Selain beberapa pimpinan di lingkungan FEBI UIN Surakarta, kegiatan safari ini didampingi pula oleh Kepala Biro AUAK UIN Surakarta; Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag.

Kunjungan pertama rombongan FEBI UIN Surakarta dilaksanakan ke kampus FEBI UIN Imam Bonjol Padang. Pada kunjungan pertama ini, rombongan FEBI UIN Surakarta disambut oleh Dekan FEBI UIN Padang; H. Ahmad Wira, M.Ag., Ph.D beserta seluruh jajaran pimpinan FEBI UIN Padang. Pada sesi sharing antara FEBI UIN Surakarta dan FEBI UIN Padang ini, selain berisi paparan Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin tentang konsep MBKM yang telah dilaksanakan di FEBI UIN Surakarta, juga disampaikan tentang rencana konsep MBKM yang akan dilaksanakan oleh FEBI UIN Padang sebagaimana yang dipaparkan oleh Dekan dan Koordinator Prodi MBS FEBI UIN Padang.

Kunjungan kedua rombongan FEBI UIN Surakarta dilaksanakan ke FEBI UIN Bukittinggi. Kedatangan rombongan dari FEBI UIN Surakarta disambut oleh Dekan FEBI UIN Bukittinggi Dr. Iiz Izmuddin, M.A, dan seluruh jajaran pimpinan FEBI UIN Bukittinggi. Dalam kesempatan silaturahmi dan sharing tersebut, poin penting yang menjadi catatan adalah kedua pihak memiliki pandangan yang sama bahwa dalam mengimplementasikan program MBKM diperlukan keberanian untuk memulai MBKM terutama melalui program-program magang atau melalui kerjasama antar sesama PTKIN sebagaimana yang telah dilaksanakan antara FEBI UIN Surakarta dan FEBI UIN Banten.

Kunjungan ketiga rombongan FEBI UIN Surakarta kemudian dilanjutkan ke FEBI UIN Batusangkar. Kedatangan rombonganpun disambut oleh Dekan FEBI UIN Batusangkar Dr. Rizal, M.Ag, dan seluruh jajaran pimpingan di lingkungan FEBI UIN Batusangkar. Sedikit berbeda dengan kunjungan sebelumnya, dalam kunjungan ketiga ini, sharing antara FEBI UIN Surakarta dan FEBI UIN Batusangkar tidak hanya membahas seputar MBKM yang telah digagas oleh kedua PTKIN tersebut, tetapi ada pula sharing dan kesepakatan tentang perlunya penguatan peran dan tugas GKM untuk mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan dan program yang ada di tingkat Fakultas dan Program Studi.
(Penulis: Zaky F.A)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]