Kegiatan Terkini

Mengenalkan Keuangan Negara yang bebas dari Korupsi, FEBI selenggarakan Public Discussion bersama KPPN dan KPK

Penulis: Agus Setiawan

FEBI News| Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Public Discussion dengan tema “Mengenal Keuangan Negara”. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan I Bapak Dr. Awan Kostrad Diharto yang memberikan apresiasi dan pentingnya mengenal keuangan negara khususnya bagi Dosen dan Mahasiswa, kemudian acara dipandu oleh moderator M. Azwan Anas S.Akun. Kesempatan pertama dimulai dengan Narasumber Iin Emy Prastiwi, SE. Sy., ME selaku Dosen dan Sekprodi Ekonomi Syariah ITB AAS menyampaikan tentang pentingnya literasi keuangan syariah hingga strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah.

Pada kesempatan kedua Materi disampaikan oleh Drs. Hartana selaku Kepala KPPN Surakarta, yang mengawali dengan mengenalkan tugas KPPN sebagai salah satu intitusi negara dibawah Kementerian Keuangan. Beliau menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 262/PMK.01/2016 KPPN mempunyai tugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara (BUN), penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan. Pengelolaan dan implementasinya dalam UU perbendaharaan negara. Selain itu pembicara juga menyampaikan gambaran proses kerja yang dilaksanakan oleh KPPN.

Dilanjutkan Kesempatan ke tiga oleh Tri Diatmoko, S.E., M.M. selaku Pembina Teknis Perbendaharaan Negara & Penyuluh antikorupsi KPK RI mengawali dengan menyampaikan potensi yang begitu besar yang dimiliki bangsa Indonesia namun disisi lain masih ada salah satu problem yakni korupsi yang relatif masih tinggi. Beliau juga melengkapi apa saja yang masuk dalam korupsi dan teori penyebab korupsi. Dilanjutkan beliau menyampaikan pentingnya integritas dalam pengelolaan keuangan negara. ()

Acara ini juga disiarkan secara langsung di Channel FEBI Tv

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]