Kegiatan Terkini

Kunjungan ke Sidogiri Corp, FEBI lakukan studi banding Pengembangan Ekonomi Syariah berbasis Pondok Pesantren

Penulis: Asep Maulana Rohimat

FEBI News| Pasuruan (22/11/2022). Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan menjadi lokasi kunjungan studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta. Sebagai Pondok Pesantren yang sudah berdiri sejak tahun 1745, Pondok Pesantren Sidogiri telah mengalami perkembangan pesat, diantaranya adalah kemandirian ekonomi pesantren dengan berdirinya Sidogiri Corp. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari Dekan, Kabag TU Akademik, para dosen dan staf Tata Usaha FEBI.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, M.S.I menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan rombongan FEBI, yaitu dalam rangka studi banding pengelolaan ekonomi syariah berbasis pondok Pesantren. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari tugas FEBI untuk melakukan mandat dakwah Iqtishodiyah, yaitu mencetak mahasiswa sebagai  insan entrepreneur yang berkompetensi ekonomi syariah. Saat ini FEBI sudah memiliki unit usaha sebagai laboratorium pembelajaran mahasiswa, yaitu minimarket FEBI One Mart, BMT Mazaya, dan Jujugan Cafe. Lebih lanjut Dekan FEBI sangat tertarik dengan perkembangan  Mini Market Basmalah yang bisa eksis menjadi toko retail dan sudah lebih dari 200 toko tersebar di area Jawa Timur.

Ust. Munjil Anam, S.E.I selaku sekretaris pengelola Kopontren Sidogiri yang mewakili Pimpinan Pondok Pesantren Sidogiri KH. Fuad Noerhasan, menyampaikan bahwa seluruh Unit Usaha di Pondok Pesantren Sidogiri bernaung dalam Sidogiri Corp, namun demikian, Visi utama Pesantren Sidogiri adalah tarbiyah (pendidikan), adapun membentuk unit usaha ekonomi adalah sebagai upaya pengembangan ekonomi pesantren secara mandiri: “Dari Santri, oleh santri, untuk santri.”. Beberapa unit usaha pondok ini adalah: Kopontren Sidogiri yang menjadi naungan bagi Koperasi Toko Basmalah, PT. Sidogiri Mitra Utama, PT. Sidogiri Mandiri Utama, PT. Sidogiri Pandu Utama sebagai perusahaan konsultan bisnis dan Sidogiri Fintech Utama dengan prodok E-Mall sebagai layanan financial technology syariah.

Selanjutnya dilakukan diskusi dan tanya jawab yang hangat antara peserta dan pengelola Kopontren, serta melakukan kunjungan ke lokasi unit usaha Sidogiri Corp.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]