Kegiatan Terkini

Bekali Mahasiswa Tentang Halal Value Chain, FRESH Gelar Seminar Nasional Ekonomi Islam

FEBI News | Rabu (24/05/2023) Forum Ekonomi Syariah (FRESH) FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta sukses menggelar acara Seminar Nasional Ekonomi Islam dengan mengangkat tema “Penguatan Ekosistem Digital dan Halal Value Chain Demi Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Islam Dunia.”  Animo peserta yang mengikuti acara ini sangatlah tinggi. Terbukti dari hadirnya kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari delegasi KSEI se-Solo Raya, delegasi Ormawa dan LSO FEBI, serta mahasiswa umum lainnya.

Seminar dibuka dengan sambutan Bapak Rais Sani Muharrami, S.E.I., M.E.I. selaku pembina FRESH. Kemudian, acara dilanjut dengan penyampaian materi oleh seorang Influencer Ekonom Rabbani, yakni Mas Irsyad Al Ghifari, S.E., M.Ikom. Beliau mengupas tuntas mengenai halal value chain yang sebenarnya lebih banyak dikaji oleh para mahasiswa pasca sarjana.

“Digitalisasi halal value chain dapat melalui upaya percepatan sertifikasi halal, distribusi, dan promosi. Propaganda ekonomi Islam itu dapat melalui MEMC Model yang terdiri dari Movie, Music, Culture, Environment.” Jelasnya.

Penjelasan tersebut tidak hanya berupa pemaparan materi saja tapi juga disertai penayangan video yang sesuai dengan topik materi sehingga lebih menarik dan mudah dipahami. Kemudian acara dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan peserta secara interaktif sehingga menambah banyak insight baru mengenai kiprah mahasiswa dalam memperkuat Halal Value Chain pada lingkungan sekitar.

Dengan dilaksanakannya seminar ini, diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa mengenai ekonomi Islam, terutama mengenai literasi Halal Chain di Indonesia. Selain itu juga dapat menjadi salah satu upaya dalam mendakwahkan ekonomi Islam sesuai dengan salah satu dari tiga tagline FoSSEI (red: nama organisasi pergerakan Ekonomi Islam dalam kalangan mahasiswa) yaitu Ukhuwah, Dakwah, dan Ilmiah.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]