
Selamat datang di Program Studi Bisnis Digital
"Innovate, Digitalize, Dominate!"
Di era digital, inovasi dan teknologi menjadi kunci keunggulan bisnis. Program Studi Bisnis Digital hadir dengan mengusung konsep “Tech-Driven Enterpreneurship” untuk mencetak generasi yang siap memimpin transformasi digital.
Dengan kurikulum berbasis industri, dukungan pengajar profesional, laboratorium bisnis digital, pusat inkubasi bisnis, dan jejaring mitra luas, kami menghadirkan pembelajaran aplikatif yang relevan dengan dunia nyata.
Bergabunglah bersama kami dan jadilah inovator bisnis digital yang siap membangun masa depan!
Visi
Menjadi Program Studi Bisnis Digital yang Unggul dalam Inovasi, Adaptif terhadap Transformasi Digital, dan Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Ekosistem Bisnis Berkelanjutan pada Tahun 2035.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan bisnis digital yang kolaboratif, berbasis teknologi, dan responsif terhadap perkembangan industri digital untuk mencetak lulusan adaptif dan inovatif.
- Mengembangkan riset-riset terapan di bidang bisnis digital yang mendukung solusi cerdas, inklusif, dan berkelanjutan bagi masyarakat.
- Mendorong pemberdayaan masyarakat melalui integrasi teknologi digital dalam praktik bisnis lokal yang berbasis pada kearifan dan potensi wilayah.
- Mengelola program studi secara dinamis dan adaptif berbasis sistem digital dengan prinsip tata kelola terbuka, transformatif, dan akuntabel.
- Menjalin kemitraan strategis dengan pelaku industri, komunitas digital, dan lembaga internasional dalam pengembangan kurikulum, inkubasi bisnis, dan kolaborasi tridharma.
Goals
Tujuan program studi Bisnis Digital secara jelas dan realistis dijabarkan sebagai berikut:

- Menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif terhadap perkembangan teknologi, serta mampu menciptakan dan mengelola bisnis digital yang inovatif dan berdaya saing.
- Mengembangkan keilmuan dan riset aplikatif di bidang bisnis digital yang berdampak nyata pada transformasi ekonomi dan pemecahan masalah sosial melalui teknologi.
- Memberikan kontribusi aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan digitalisasi bisnis yang inklusif dan berbasis potensi lokal.
- Mewujudkan tata kelola program studi yang profesional, agile, dan terintegrasi secara digital dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas.
- Membangun jejaring kolaboratif dengan industri, pemerintah, komunitas, dan institusi pendidikan dalam dan luar negeri untuk memperkuat implementasi tridharma perguruan tinggi.
Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Bisnis Digital UIN Raden Mas Said Surakarta bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.) berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan.

Sebagai Analis Bisnis Digital, lulusan dapat berkarir di berbagai industri dan perusahaan yang membutuhkan kemampuan analisis dan pemahaman mendalam tentang bisnis digital, seperti Business Analyst, Data Analyst, Digital Transformation Consultant, dan Market Research Analyst.

Sebagai Praktisi Pemasaran Digital, lulusan dapat terlibat langsung dalam operasional dan pengelolaan bisnis berbasis digital, seperti Digital Marketing Specialist, E-Commerce Manager, Social Media Manager, dan Search Engine Optimization (SEO) Specialist

Sebagai Wirausahawan Digital, lulusan dipersiapkan untuk memulai dan mengelola bisnis mereka sendiri di ranah digital, seperti Startup Founder, Tech Entrepreneur, E-Commerce Entrepreneur, dan Digital Content Creator.
Kurikulum
Struktur Kurikulum
Mata Kuliah Universitas
KETERANGAN | Jumlah SKS |
Mata kuliah Universitas | 30 SKS |
Mata Kuliah Program Studi
KETERANGAN | Jumlah SKS |
Mata kuliah Prodi Mata kuliah teori Mata kuliah Praktik Mata kuliah Pilihan Tugas Akhir |
90 SKS 19 SKS 9 SKS 6 SKS |
Total SKS
TOTAL SKS yang ditempuh | 145 sks |
Sebaran Kurikulum
SEMESTER 1
- Filsafat Ilmu
- Bahasa Indonesia
- Literasi Digital
- Akhlak dan Tasawuf
- Pengantar Bisnis Digital
- Dasar-dasar Ekonomi Islam
- Matematika Ekonomi
- Pengantar Manajemen
SEMESTER 2
- Ilmu Fiqih
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Moderasi Beragama
- Bahasa Inggris untuk Bisnis
- Dasar-dasar Akuntansi Bisnis
- Manajemen Keuangan
- Statistika Bisnis
- Ekonomi Mikro dan Makro Islam
SEMESTER 3
- Ilmu Kalam
- Sejarah Peradaban Islam
- Pancasila
- Ulumul Hadis
- Kewirausahaan Digital
- Bisnis Internasional
- Algoritma dan Pemrograman Dasar
- Metodologi Studi Islam
- Aspek Hukum dan Etika Bisnis
SEMESTER 4
- Ulumul Qur’an
- Islam dan Budaya Jawa
- Pemasaran Digital
- Sistem Informasi Manajemen
- Perbankan Digital dan Financial Technology
- Social Media Analysis
- Design Thinking
- Web Design dan UI/UX
SEMESTER 5
- Perilaku Konsumen
- Business Intelligence
- Bisnis UMKM dan Start-Up
- Metodologi Penelitian
- Sistem Basis Data
- Human Resources Analytics
- Blockchain Applications
SEMESTER 6
- Public Speaking for Business
- Cyber Security Management
- Studi Kelayakan dan Rencana Bisnis
- Seminar Konsentrasi
- Market Research & Competitor Analysis
- Komunikasi Pemasaran Digital
- Marketplace Development
SEMESTER 7
- Internship
- Kuliah Kerja Nyata (KKN)
SEMESTER 8
Tugas Akhir (Skripsi/Artikel/Conference/Project )
Institusi Mitra













