Mahasiswa FEBI IAIN Surakarta Sabet Gelar 2nd Best Paper dalam Event “The 4th Borneo Undergraduate Academic Forum” di Samarinda

[smartslider3 slider=52]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta mengutus 2 orang delegasi terbaik dari jumlah 9 orang delegasi dari IAIN Surakarta dalam Konferensi Internasional “The 4th Borneo Undergraduate Academic Forum” (BUAF). Konferensi Internasional dilaksanakan di Samarinda pada 13-15 Oktober 2019 dengan mengusung tema “Contemporary Islamic Studies and Globalization Challenges in the Millenial Era”. Kegiatan ini tampak meriah dengan menghadirkan 111 pemateri paralel yang telah lolos dalam serangkaian seleksi.
Kegiatan hari pertama (Minggu, 13 Oktober 2019) diawali dengan Opening Ceremony dilanjutkan Seminar. Serangkaian acara dimulai dengan hiburan UKM Musik dan Tarian Dayak, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubhanul Wathon, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan Rektor IAIN Samarinda, Sambutan bapak Ruchman Basori, M.Ag (Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Kementrian Agama RI) sekaligus membuka acara, dilanjutkan pemaparan seminar terkait urgensi riset Islamic Studies Challenges in Millenial era sebagai wujud gerakan pasca Orientalisme dalam hal ini yang disampaikan oleh Prof. Noorhaidi Hasan, M.A., M.Phil. Ph.D sebagai Keynote Speaker. Setelah itu berlangsung penandatanganan MoU antara IAIN Samarinda dengan KBRI Malaysia (Kerjasama PKL/KKN-KKL), Penyerahan Cinderamata untuk Keynote Speaker, Doa lalu penutup.
Hari ke-2 Senin, 14 Oktober 2019 berlanjut menuju acara Pleno yang diisi oleh NyiNyi Kyaw, Ph.D (Myanmar Studies Program-ISEAS-Yusof Ishak Institute-Singapore) dengan tema “The Contructioun of Identities in the Age of Social Media: Budhist-Versus-Muslim Identity Amid Conflict in Myanmar”. Dalam pleno tersebut NyiNyi Kyaw, Ph.D mengupas tuntas terkait konflik yang terjadi di Rohingnya. Setelah pleno dilakukan, kegiatan beranjak presentasi oleh pemateri paralel. Pada kesempatan ini ada 2 pemateri dari delegasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta. Pertama Arian Agung Prasetiyawan mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah 2017 dengan judul “Aktivisme Rohis SMA Sederajat di Surakarta”, Kedua Lina Lutfiana mahasiswa prodi Akutansi Syariah 2016 dengan judul “Mengkampanyekan Islam Santun dan Toleran di Era Millennial”.
Paper milik Arian Agung Prasetiyawan berhasil menyabet gelar Best Paper 2nd on sub / theme Politics, democracy, and trans-national religious movement. Arian mengatakan “Terimakasih kami sampaikan kepada Orang tua, pihak Institusi, Fakultas, rekan-rekan berpikir di UKM Lembaga Penelitian Mahasiswa Dinamika, Forum Mahasiswa Bidikmisi IAIN Surakarta, dan para dosen yang sudah membimbing proses penelitian yang kami lakukan ini serta seluruh civitas akademik IAIN Surakarta yang telah memberikan doa serta dukungan. Semoga pencapaian ini dapat merangsang ghairah berliterasi di dalam diri civitas akademik IAIN Surakarta dan menjadi karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Penelitian bukan hanya sekadar eksistensi belaka melainkan juga menjunjung tinggi nilai orisinalitas, kredibilitas dan rasa ingin tahu serta kepekaan atas masalah yang ada di sekitar. Maka dari itu jiwa peneliti harus hadir dalam diri civitas akademik dalam sebuah institusi, mahasiswa khususnya. Sebagaimana tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat) idealnya, mahasiswa mendapat kan ilmu, lalu melakukan penelitian dan kemudian dari hasilnya dapat digunakan untuk mengabdi kepada masyarakat, sehingga membawa kebermanfaatan untuk bangsa dan negara”.
Kegiatan terakhir pada Selasa, 15 Oktober 2019 berlangsung Closing Ceremony. Serangkaian acara diawali dengan refleksi arah kajian para peserta BUAF 2019 oleh Dr. Hj. Nida (WR 3 UIN Antasari Banjarmasin), Dr. Abdul MuqtiRouf (WR 3 IAIN Pontianak), Dr. H. Sadiani (WR 3 IAIN Palangkaraya), Dr. H. M. Abzar Duraesa (WR 3 IAIN Samarinda). Kemudian dilanjutkan penutupan oleh Amiruddin Kuba, M.A KASI Kemahasiswaan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag dan penyerahan sertifikat Best Paper serta pendistribusian Procedings BUAF ke-4 tahun 2019. Untuk merefresh jiwa dan raga panitia mengajak elemen yang terlibat untuk City Tour dengan menyusuri sungai terbesar di Indonesia yaitu sungai Mahakam menggunakan kapal Pesut Mahakam. Sebuah akhir yang tak terlupakan, harapannya silaturahmi tetap terjalin dan kedepan dapat berjumpa lagi di event lainnya. (Arian Agung)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]