Terkini

Gelar Pelatihan Akuntansi Zakat Bagi Lembaga Keuangan, Pengabdian Dosen FEBI IAIN Surakarta bersama Perhimpunan BMT Solo Raya

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dosen akuntansi syariah FEBI IAIN Surakarta Samsul Rosadi, M.Si melakukan webinar pelatihan akuntansi zakat di masa new normal menuju akuntabilitas publik di BMT Solo Raya. Acara webinar pelatihan akuntansi zakat ini diselenggarakan bekerjasama dengan Perhimpunan BMT Indonesia Regional Solo Raya, Kantor Jasa Akuntan Arta dan Kantor Konsultan Pajak Antin Okfitasari. Pelatihan akuntansi zakat ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para karyawan BMT terkait dengan pencatatan akuntansi zakat.

Acara webinar dibuka dengan sambutan ketua PBMT Kab. Wonogiri Bapak H. Suprihatin SE., MM. Beliau menyatakan pencatatan akuntansi zakat sangat penting bagi Lembaga Keuangan Syariah seperti BMT, hal ini diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan dana zakat yang dikelola oleh BMT bisa akuntabel atau dapat dipertanggungjwabkan. Bapak H. Suprihatin SE., MM juga mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta yang telah menyelenggarakan pelatihan akuntansi zakat, beliau berharap pelatihan ini bisa memberi manfaat dan bisa terus berlanjut sesuai dengan pengetahuan akuntansi yang dibutuhkan oleh BMT.

Selanjutnya acara webinar di mulai dengan pemaparan narasumber ibu Antin Okfitasari SE., M.Si., Ak., CA., BKP yang menjelaskan proses pencatatan akuntansi zakat yang sesuai dengan PSAK. Dalam akuntansi zakat acuan PSAK yang relevan antara lain:
-PSAK 101 : Penyajian Laporan Keuangan Syariah
-PSAK 45 : Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba
-PSAK Syariah 109 : Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah
Akan tetapi acuan utama dalam akuntansi zakat yaitu PSAK Syariah 109 yang secara garis besar berisi.: Definisi, Kharakteristik Pengakuan dan Pengukuran Zakat, Pengakuan dan Pengukuran Infaq/Shodaqah, Pengakuandan Pengukuran Dana NonHalal, Penyajian, Pengungkapan, Ketentuan Transisi, Tanggal Efektif.

Dalam acara webinar ini diikuti oleh beberapa BMT di Solo Raya diantaranya yaitu BMT Tumang, KSPPS Lima Utama Barokah, KSPPS BMT Insan Mandiri, BMT Muamalah Mandiri, BMT Al Karomah, KSPPS BMT Palur, KSPPS Usaha Barokah, BMT Gemolong, BMT Al Karomah, KSPPS BMT Hira, BMT Surya Madani, BMT Amal Muslim, KSPPS BMT Permata Insani, KSPPS Permata Girimarto, BMT Prima Sentosa Wonogiri, BMT Hidayatul Muamalah, BMT Mitra Usaha Mandiri, KSPPS Muhammadiyah Baturetno, BMT Giri Mulya, BMT Amanah Mandiri, KSPPS BMT An Naafi’, KSPPS BMT Surya Artha Mandiri, KSPPS Berkah Sakinah Almughni Girimarto, KSPPS BMT Nurul Barokah. KSPP BMT Berkah Mandiri Wonogiri,

Salah satu hal menarik dalam kegiatan webinar ini yaitu ada alumni mahasiswa Akuntansi Syariah FEBI IAIN Surakarta yang mengikuti webinar pelatihan akuntansi zakat yang telah menjadi karyawan di BMT Tumang. Menurutnya pencatatan akuntansi zakat dalam pelatihan sudah sesuai dengan yang diajarkan saat menempuh mata kuliah Akuntansi Zakat di Prodi Akuntansi Syariah. Akan tetapi banyak kasus dilapangan sehingga butuh pembelajaran dan pelatihan lebih lanjut untuk dapat melakukan pencatatan akuntansi zakat yang sesuai dengan PSAK.

Diakhir acara peserta diberikan form feedback dan sertifikat pelatihan webinar pelatihan akuntansi zakat. Hasil feedback peserta pelatihan akuntansi zakat, 73,5% menyatakan puas, 17,6% sangat puas dan 8,8% kurang puas. Kemudian ada 94,1% peserta yang ingin diadakan pelatihan lanjutan dan tema pelatihan lanjutan yang diinginkan peserta antara lain: integrasi zakat dan pajak, penghitungan soal zakat infaq dan fee untuk amil, marketing zakat, akuntansi ziswaf dan lain-lain. Tema ini dapat dijadikan masukan untuk dosen-dosen FEBI IAIN Surakarta untuk kegiatan pengabdian masyarakat yang selanjutnya.

Materi pelatihan akuntansi zakat dapat didownload pada link dibawah ini: https://bit.ly/MateriPelatihanAkuntansiZakat

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]