Terkini

Pengusaha “Emping” berikan Edukasi Pengelolaan Keuangan Keluarga Di Era New Normal pada Pengabdian Masyarakat Dosen FEBI IAIN Surakarta

FEBI News| Keuangan keluarga pasti akan dihadapi dengan berbagai hambatan baik kecil maupun besar. Bisa jadi hambatan ini mengakibatkan krisis keuangan dan hal ini juga bisa dihadapi oleh semua keluarga di masa pandemi Covid-19 atau di era new normal. Memasuki era new normal menuntut setiap orang untuk mulai mengubah kebiasaan sebelumnya. Bukan hanya perilaku menjaga kesehatan, tetapi juga kebiasaan dalam mengatur keuangan. Tentu akan ada perubahan dalam porsi pengelolaan keuangan. Ada pos-pos pengeluaran yang akan lebih dihemat karena di era baru ini tidak akan sama dengan masa sebelumnya.

Permasalahan tersebut, mendorong perlu adanya edukasi atau penyuluhan tentang pengelolaan keuangan keluarga khususnya di era new normal. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan dan pengarahan cara mengelola serta menggunakan keuangan keluarga yang efisien dan efektif di era new normal. Hal tersebut yang mendasari dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pengelolaan Keuangan Keluarga Di Era New Normal”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Marita Kusuma Wardani, M.Si.,Ak selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta dengan menggandeng warga masyarakat di sekitar desa Wirorejan Ngadirejo Kartasura Sukoharjo.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada hari Minggu, tanggal 12 Juli 2020 dengan mengundang pemateri yaitu: Enggar Pramudita, M.Pd (salah satu pemilik usaha emping mlinjo “ARIMBI” di Kartasura). Kesimpulan dari materi yang disampaikan ada tiga hal, yaitu: 1) Semua keluarga perlu melakukan perencanaan keuangan dengan sebaik-baiknya terutama memprioritaskan untuk kebutuhan pokok dan yang memang penting untuk dikeluarkan di era new normal, 2) Hemat /tidak boros, dan 3) Berinvestasi secara bijak contohnya dalam bentuk: tabungan atau deposito serta emas. (MKW)

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]