Terkini

Tingkatkan Strategi Pendapatan Ekonomi, Pengabdian Dosen FEBI IAIN Surakarta Ajarkan Bisnis Online Kepada Masyarakat

FEBI News | Dalam situasi pandemi Covid 19 saat ini banyak sektor usaha yang terkena dampak adanya social distancing, termasuk UMKM. Tidak sedikit dari para pengusaha UMKM yang mengalami penurunan omzet penjualan, bahkan penutupan usaha. Oleh karena itu, diperlukan strategi baru bagi para pengusaha untuk memasarkan produk dan jasanya secara online sehingga bisnis yang dimiliki dapat tetap bertahan bahkan omzet penjualannya dapat ditingkatkan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka diselenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dita Andraeny, M.Si dengan tema “Strategi Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Bisnis Online”.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para pelaku UMKM agar mampu meningkatkan pendapatan ekonominya dengan cara melakukan jual beli secara online. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2020 bertempat di Dukuh Mendungan, Kartasura, Sukoharjo dengan menghadirkan narasumber Bapak Budiman Mustofa, Lc, M.P.I yang telah sukses menjalankan bisnis online.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid 19 yaitu semua peserta menggunakan masker dan sebelum acara dimulai, peserta membersihkan tangan terlebih dahulu dengan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan oleh panitia.

Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan bahwa terdapat 3 prinsip penting dalam berjualan secara online yaitu bangun interaksi yang baik dengan konsumen, perkuat relasi (jaringan) dan perbanyak edukasi produk. Terkait dengan ini, menurut narasumber strategi pemasaran yang dinilai lebih efektif adalah soft selling yaitu melakukan edukasi kepada calon konsumen tentang keunggulan dan manfaat dari produk yang ditawarkan dibandingkan dengan hard selling yaitu strategi penawaran produk secara langsung tanpa adanya muatan edukasi. Selain itu, narasumber juga menjelaskan bahwa berjualan online yang paling mudah yaitu melalui aplikasi Whatssapp dan beliau juga memaparkan 8 prinsip bisnis online melalui aplikasi tersebut. (DA

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]