Informasi Terkini

Perkuat Core Keilmuan Bisnis dan Ekonomi Islam, FEBI Proyeksikan Pendirian Prodi Ekonomi Syariah


FEBI News| Tim Pendirian program studi baru berkoordinasi dengan Dekanat dan Pimpinan FEBI IAIN Surakarta pada Rabu (10/2/2021). Pendirian Prodi baru ini bertujuan untuk menyongsong perubahan IAIN menjadi UIN. Selain itu untuk merespon kebutuhan pasar dan meningkatkan diferensiasi di FEBI adalah program studi Ekonomi Syariah.

Dekan FEBI IAIN Surakarta, Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si memberikan arahan kepada Tim Pendirian yang digawangi oleh Dr. Agung Abdullah, MM ini bahwa perkembangan ekonomi syariah, juga disebut ekonomi Islam, saat ini memberikan harapan yang cukup menjanjikan. Hal ini tidak saja terjadi di Indonesia melainkan di hampir seluruh belahan dunia, baik di Timur maupun di Barat. Ekonomi Islam sebagai bidang ilmu juga telah diajarkan di universitas universitas Eropa dan Amerika. Perguruan tinggi menjadi tempat yang amat strategis salam pengembangan ilmu ekonomi syarî’ah serta penyiapan SDM di bidang tersebut, utamanya mulai dari program undergraduate (S1) sebagai starting point.

Pengembangan kurikulum didesain dengan muatan ilmu ekonomi Islam secara penuh, sehingga hampir semua mata kuliah yang diajarkan memiliki muatan bagi pengembangan ekonomi Islam. Integrasi nilai-nilai Islam ke dalam setiap mata kuliah merupakan sebuah kemestian yang tidak dapat ditunda dalam pengembangan ilmu ekonomi Islam serta sistem ekonomi yang akan dihasilkannya, tanpa memperdebatkan perlu tidaknya pemakaian label “Islam” atau ‘syarî’ah” ke dalam jenis mata kuliah yang bersangkutan. Program ini dapat dilakukan melalui dua pendekatan disiplin, yaitu pendekatan disiplin Ilmu Ekonomi (Economics dominance) dan pendekatan disiplin Ilmu Agama (Syarî’ah dominance).

Pada kesempatan tersebut, Dekanat dan Pimpinan Administrasi mendukung penuh kegiatan persiapan pendirian baru tersebut dengan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan pendirian. Adapun beberapa kegaiatan pra-pendirian yang ditawarkan adalah beberapa survey penelitian yang dilakukan sebagai pijakan untuk melakukan analisis kelayakan. Survey penelitian tersebut meliputi analisis input, analisis kurikulum, analisis output dan pasar serta analisis profiling kelayakan FEBI IAIN Surakarta dalam menyelenggarakan Program Studi baru. Dengan berdirinya program studi Ekonomi Syariah ini akan melengkapi jajaran program studi yang sudah mapan di FEBI IAIN Surakarta dimana seluruhnya terakreditasi BAN-PT dengan nilai A. “Semoga niat baik ini selalu diridloi oleh Alloh SWT.“ pungkas Dekan FEBI itu.

Red: Fuad Hasyim

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]