Kegiatan

Pelajari Manajemen Bisnis Pembangunan Gedung, Empat Mahasiswa FEBI Lakukan PPL Partisipatif di Perusahaan Konstruksi

FEBI News | Empat orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Partisipatif tahun 2020/2021 pada salah satu kontraktor besar di Jawa Tengah yaitu PT Rohad yang berlokasi di Klaten Jawa Tengah. PT Rohad sendiri merupakan perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang kontraktor bangunan dan perdagangan umum.

Pada kegiatan PPL yang berlangsung selama empat minggu tersebut, mahasiswa banyak mengenal hal-hal baru terkait bidang konstruksi bangunan. Hal ini merupakan hal yang berbeda dengan materi yang didapatkan pada bangku perkuliahan yang tidak jauh dari dunia ekonomi dan bisnis. Namun, pimpinan PT Rohad, Bapak Rossi Luluin Hadma, S.T. dan para karyawan dari berbagai divisi menyambut ramah para mahasiswa dan tidak segan-segan membagikan ilmunya kepada para mahasiswa.

Salah satu ilmu yang diperoleh dari kegiatan PPL pada PT Rohad adalah penyusunan RAB (Rencana Anggaran Biaya) proyek seperti pembangunan gedung pondok dan sekolah serta lapangan olahraga. Melalui penyusunan RAB tersebut, mahasiswa juga belajar tentang ketelitian perhitungan. Hal ini dikarenakan apabila terdapat kesalahan dalam perhitungan akan menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Selain penyusunan RAB, mahasiswa juga belajar tentang analisa dan pembuatan laporan perkembangan proyek yang sedang berjalan.

Selain kemampuan hardskill yang diperoleh tersebut, mahasiswa peserta PPL juga mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam kegiatan survey lokasi dan mempelajari prosedur pembebasan lahan milik masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa memperoleh ilmu bagaimana cara melakukan negosasi dengan masyarakat yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Pada akhir kegiatan PPL, mahasiswa memberikan ucapan terimakasih kepada PT Rohad yang telah memberikan ilmu dan pengalaman yang akan berguna bagi masa depan. Tak lupa, para mahasiswa juga mengungkapkan harapan kepada PT Rohad agar dapat menjadi perusahaan konstruksi yang lebih maju lagi. Red: Fitra Nugraha.

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]