Informasi Terkini

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa FEBI, Ujian Komprehensif resmi digelar mulai Bulan Oktober 2021

FEBI News| Jum’at, 15 Oktober 2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta kembali menggelar Rapat Koordinasi dan sosialisasi untuk para dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang berlangsung secara online melalui platform zoom meeting. Kegiatan rapat kali ini, dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan para dosen dalam menyelenggarakan ujian komprehensif mahasiswa yang akan digelar pada bulan Oktober 2021.

Mengawali kegiatan rapat dan sosialisasi kali ini, kegiatan dibuka oleh Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik, Mahasiswa dan Alumni Sukoco Edi Sasmito, S.E. dan dimulai dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Dr. M. Rahmawan Arifin, SE, MSi. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa FEBI terus mengalami peningkatan, ini mengidentifikasikan bahwa minat masyarakat terhadap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terus meningkat, Namun peningkatan minat masyarakat dan kenaikan jumlah mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta belum diiringi dengan daya guna dan daya saing mahasiswa lulusan dari FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. Untuk dapat meningkatkan kualitas mahasiswa yang berdaya guna dan dapat memiliki daya saing. Maka, FEBI berupaya membangun pondasi tersebut dengan mengadakan ujian komprehensif, yang diharapkan dapat mecapai tujuan profil lulusan mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan ke acara inti yaitu rapat dan sosialisasi yang disampaikan langsung oleh masing-masing Ketua Program Studi FEBI, yaitu Ka Prodi MBS H. Khoirul Umam, S.H.I., M.S.I., Ka Prodi PBS Budi Sukardi, S.E.I., M.S.I. dan Ka Prodi AKS Anim Rahmayati, M.Si. Para Ka Prodi mengawali dengan sosialisasi tentang penyelenggaraan ujian Komprehensif. Secara umum, para Ka Prodi memaparkan bahwa mulai semester ini FEBI mengaktifkan kembali ujian komprehensif dengan harapan bahwa mahasiswa dapat mencapai tujuan profil lulusan mahasiswa yang ingin dicapai oleh masing -masing prodi.

Menurut Khoirul Umam, bahwa ujian komprehensif ini menjadi dasar dan syarat mahasiswa dalam mengajukan seminar proposal dan munaqasah. Harapannya setelah lulus, mahasiswa tidak melupakan materi-materi yang telah mereka pelajari selama masa perkuliahan. Kemudian, Khoirul Imam juga menambahkan, bahwa ujian komprehensif tahap pertama ini, ditujukan untuk lebih banyak mendengarkan. Sehingga, fakultas dapat mengetahui dan memetakan pengetahuan juga pemahaman mahasiswa, serta mengevaluasi dan mengetahui sejauh mana efektivitas ujian komprehensif ini.

Setelah sosialisasi dari para Ka Prodi, kemudian kegiatan rapat dan sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Pada sesi ini, para dosen terlihat sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan maupun melakukan diskusi mengingat ujian komprehensif baru diadakan kembali. Terakhir, kegitan rapat dan sosialisasi ditutup oleh Sukoco Edi Sasmito, S.E.

1 Comment

  • Anonim
    18 Oktober 2021

    1.5

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]