Terkini

Diklat Ekonomi Islam FRESH: Generasi Ekonom Rabbani FEBI UIN RADEN MAS SAID Harus Aktif dan Inovatif dalam dunia Digital

FEBI News| Forum Ekonomi Syariah (FRESH) FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta telah berhasil melaksanakan agenda Diklat Ekonomi Islam (DEI 1) dengan tema “Mewujudkan Generasi Ekonom Rabbani yang Aktif dan Inovatif terhadap Eksistensi Ekonomi Islam di Era Digital ”. Konsep diklat tahun ini dilakukan secara hybrid, dimana peserta daring hadir melalui zoom meeting dan peserta yang luring bertempat di gedung A Febi lantai 2. Meskipun demikian, hal tersebut tak mengurangi semangat dan antusias dari kurang lebih 140 peserta yang terhimpun mengikuti acara hingga akhir.

Suksesnya agenda ini pun turut didukung oleh hadirnya Bp Ahmad Pambudi, M. E , saudara Anang Bayu Budiarso selaku presiden fresh 2019 dan juga saudara Muhammad Miftahul Fatah sebagai pemateri. Acara Diklat FRESH ini dilaksanakan 2 hari pada Sabtu-Ahad (6-7/11/2021) dengan berbagai keseruan rangkaian acara yang dimulai dari penyampaian materi oleh ketiga narasumber. Di sesi penyampaian materi, Bapak Ahmad Pambudi berkesempatan menyampaikan pengenalan terkait ekonomi Islam dimana Islam sendiri terdiri dari aqidah, syariah dan akhlak. Disisi lain juga membahas mengenai Pilar ekonomi Islam dan juga rancang bangun ekonomi Islam.

Acara pun berlanjut, pada penyampaian materi kedua dengan paparan mengenai Leadership/ Kememimpinan yang disampaikan oleh saudara Bayu Anang Budiarso. Disisi lain juga menyinggung mengenai bagaimana karakter pemimpin yang islami dan pedoman pemimpin yang baik. Selain itu motivasi juga berpengaruh terhadap seseorang dalam menjadi seorang pemimpin.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Saudara Muhammad Miftahul Fatah Yang bertema ke-fosseian. Beliau membahas mengenai tujuan dan fungsi fossei. “Dimana tujuan fossei bukan hanya untuk kepentingan internal saja akan tetapi juga untuk masyarakat” tutur beliau. Menginjak acara terakhir di hari pertama yaitu FGD( Focus Discussion Group) yang dipandu oleh saudara Wahyu Aji Pamungkas dan Anis Puspita Dewi.

Pada Ahad (7/11/2021) acara diklat kembali berlangsung dengan penugasan kepada setiap peserta untuk melaksanakan tugas yang disebut “Bangkrut Games”. Seusai penugasan, peserta dan panitia masuk kembali keruangan Aula Febi untuk melaksanakan pelantikan yang dipandu oleh Mukhlis Gusti Affandi selaku ketua FRESH FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. Secara keseluruhan acara berlangsung dengan sukses dan penuh antusias. Semoga dengan diadakannya acara tersebut, tidak mengurangi esensi dari diklat yang membawa semangat baru bagi FRESH FEBI dalam mencetak generasi Ekonom Islam.

Redaktur: Shafina HD/KJF

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]