Kegiatan

Bersama siap bangkitkan Ekonomi Nasional Melalui Zakat, FRESH FEBI UIN Surakarta gelar Talkshow Bersama Pegiat Filantropi Nasional

FEBI News| Forum Ekonomi Syariah (FRESH) FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta gelar Talkshow Ekonomi Islam secara offline untuk pertama kalinya setelah pandemi, yang bertemakan “Peran Lembaga Amil Zakat dalam Implementasi Keuangan Berkelanjutan Guna Pemulihan Ekonomi Nasional”. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Graha UIN Raden Mas Said Surakarta ini berhasil menyita antusias kalangan muda terutama mahasiswa yang dibuktikan tingginya angka partipasi acara ini. Tak hanya sampai disitu, acara yang diselenggarakan pada Sabtu (4/6/2022) ini berhasil menggaet pembicara expert dan handal di bidang amil zakat yakni Muhammad Ihsan, S.Pd., M.Si. selaku direktur program Daarut Tauhid Peduli dan founder Adzkia Center, juga bersama Arif Nurhayadi, S.P. selaku pengurus Forum Zakat Nasional dan Founder Ihsanpreneur Indonesia & Agrowakaf Indonesia.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya & Mars FoSSEI, dan juga disampaikan sambutan pada kesempatan kali ini oleh Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, Bapak Dr. M. Rahmawan Arifin, S.E, M.Si. Selanjutnya acara dipandu oleh moderator yakni Rizki Fajar Santoso, S. E selaku Ketua Umum DEMA FEBI 2019 dan juga Manajer FEBI One Mart & Jujugan Café, kemudian pada akhirnya yakni acara inti penyampaian materi. Bapak Muhammad Ihsan, S.Pd, M.Si menyampaikan bahwa pertumbuhan di Indonesia semakin tinggi dan tingkat kemiskinannya semakin tinggi pula kemiskinan semakin meroket tetapi kenaikan zakat di Indonesia semakin tinggi pula. Saat ini zakat di Indonesia sudah terperinci oleh badan Amil Zakat yang dibawahi oleh pemerintah. Melalui infaq, shodaqoh dan lain-lain potensi. Zakat infaq, sedekah dan wakaf semakin naik setiap tahunnya.

Kemudian pembicara melanjutkan bahwa zakat merupakan pranata keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Zakat, infaq, wakaf dapat diterapkan di berbagai hal yaitu sebagai contohnya, berorientasi pada pertumbuhan, berorientasi pada penciptaan lapangan pekerjaan, berorientasi pada menurunkan angka kemiskinan, berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dasar.Tak jauh berbeda, Arif Nurhayadi, S.P juga menambahkan Badan amil zakat sendiri adalah badan piranti pemerintah. Konstribusi zakat dalam pemulihan ekonomi nasional baik perlindungan sosial dan UMKM. Ekosistem yang bergerak bersama keterlibatan semua pihak untuk kekuatan ekonomi umat dalam tahapan zakat akan dikelola sesuai dengan prosedur penyaluran, pemberdayaan, dan pengolahannya. Lembaga amil zakat mendorong model bisnis komunitas dan mendorong UMKM untuk lebih efektif.

Acara berlangsung secara interaktif dengan adanya sesi tanya jawab dengan beberapa peserta. Suasana acara juga begitu meriah dikarenakan adanya sesi doorprize yang dipersembahkan FRESH FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, serta materi acara yang berbobot dan menginspirasi yang tak lepas dari antusias para partispan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi mahasiswa untuk mengetahui pentingnya peran mahasiwa sebagai generasi penerus bangsa untuk turut andil dalam pemulihan ekonomi nasional melalui lembaga amil zakat ini.

Reporter lapangan: Salsa Bela (KJF)
Dokumentasi: Diana (KJF)
Redaktur: Shafina (KJF)

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]