Kegiatan

Literasi Koperasi, Aspek Keuangan dan Kelembagaan, Kolaborasi dengan HEBITREN Soloraya

FEBI News| Surakarta, 4 Juli 2023 – Dalam rangka meningkatkan kontribusi hasil PKM yang telah dilaksanakan, tim PKM FEBI dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Surakarta menggelar kegiatan Diseminasi hasil PKM dengan Tema kegiatan PKM yang telah dilaksanakan ”Literasi Koperasi; Aspek Keuangan dan Kelembagaan, Kolaborasi bersama HEBITREN Soloraya”.

Kegiatan Diseminasi hasil PKM merupakan bentuk sharing hasil kegiatan PKM kepada seluruh dosen khususnya di lingkungan FEBI UIN Surakarta. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dekan FEBI dan diawali dengan sambutan tunggal yang memberikan arahan dan dukungan terhadap pentingnya Diseminasi untuk memperkaya khasanah dan wawasan dosen tentang fenomena dan problematika di lapangan khususnya pada Diseminasi kali ini tentang pentingnya literasi koperasi bagi pengembangan UMKM di sekitar kampus UIN Surakarta yaitu petilasan Keraton Kartasura. Para dosen di lingkungan FEBI UIN Surakarta juga turut hadir dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

Adapun poin-poin hasil dari kegiatan diseminasi ini mencakup beberapa poin penting, antara lain: (1) Literasi tentang Konsep, Regulasi, dan Praktik Koperasi Masyarakat pelaku UMKM di Kecamatan Kartasura mendapatkan pemahaman mendalam tentang konsep dasar koperasi, regulasi yang berlaku, dan praktik terbaik dalam mengelola koperasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. (2) Tujuan diseminasi PKM untuk memberikan followup untuk kontribusi kampus dalam memperkuat usaha UMKM di Kartasura melalui sinergi dan kolaborasi dengan lembaga keuangan mikro, seperti BMT (Baitul Maal wat Tamwil) termasuk pula Pondok pesantren. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan pelaku UMKM dapat memperoleh akses lebih baik terhadap pembiayaan dan dukungan finansial untuk mengembangkan usahanya.

Kegiatan diseminasi hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM di Kecamatan Kartasura terutama dengan menggandeng kerjasama dengan pondok pesantren se Soloraya.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]