Kegiatan

Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif berbasis Digital, Dosen FEBI berikan Pendampingan kepada Puluhan Pengurus PKK Kartasura

FEBI News| Sukoharjo, (27 September 2023) – Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, Asep Maulana Rohimat, M.S.I, CCC, memberikan pendampingan dalam bidang ekonomi kreatif kepada Pengurus PKK Kecamatan Kartasura. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 27 September 2023, di Aula Wijaya Kusuma Kantor Kecamatan Kartasura Sukoharjo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PKK Kecamatan Kartasura, Ny Purwanti Ikhwan Sapto Darmono, beserta seluruh jajaran pengurus PKK Kecamatan Kartasura dan puluhan anggota PKK perwakilan dari seluruh kelurahan di Kecamatan Kartasura. Ketua PKK juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kehadiran akademisi dalam pengembangan ekonomi masyarakat Kartasura, salah satunya adalah yang dikelola oleh ibu-ibu PKK, ia berharap UMKM yang diinisiasi oleh ibu-ibu PKK bisa berkembang melalui digital marketing dan konten yang menarik dari produk-produknya.

Dalam agenda tersebut, Asep Maulana Rohimat menyampaikan materi tentang pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital. Ia menekankan pentingnya digitalisasi produk unggulan dari tiap PKK kelurahan dan optimalisasi digital marketing melalui media sosial serta marketplace. Selain itu, Asep juga menyampaikan materi pendirian koperasi syariah sebagai badan usaha legal yang dapat mewadahi produk barang dan jasa yang ada di PKK Kecamatan Kartasura.

Menurut Asep Maulana Rohimat, Kartasura adalah kota kecamatan yang semakin dikenal secara global, terutama setelah suksesnya festival internasional bebek goreng khas Kartasura. Festival ini mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, terutama pemerintah daerah, sebagai langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kartasura. Ia juga menyarankan agar event internasional lainnya harus digelar kembali untuk menguatkan posisi Kartasura sebagai destinasi wisata internasional.

Pendampingan ekonomi kreatif yang diberikan oleh Asep Maulana Rohimat diharapkan dapat membantu PKK Kecamatan Kartasura dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang dimiliki, serta meningkatkan daya saing daerah ini di tingkat nasional maupun internasional.


Foto: Sri Mulyani/PKK Kartasura

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]