Kegiatan

Perkuat Program Studi Baru, FEBI UIN Raden Mas Said Lakukan Benchmarking ke Program Studi Ekonomi Islam FEB Universitas Airlangga Surabaya

Penulis: M. Irsyad

Selasa, 26 September 2023- Dalam rangka pengembangan dan penguatan Program Studi baru Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta (FEBI) melakukan kunjungan ke Program Studi (Prodi) Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya (FEB UNAIR). Kegiatan dimaksud dengan tujuan melaksanakan benchmarking yang sebelumnya juga telah dilaksanakan di Program Studi Ekonomi Islam FEB Universitas Brawijaya (FEB UB) Malang.
Kegiatan Benchmarking ini diikuti oleh Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, S.E., M.Si., Koordinator Prodi Ekonomi Syariah Devi Narulitasari, M.Si., dan perwakilan dosen Prodi Ekonomi Syariah Dr. Indah Piliyanti, MSI, dan Mohamad Irsyad, Lc., M.E.
Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan, lantai I Lobby Gedung ABC, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas AirLangga (FEB UNAIR) dihadiri oleh Dekan FEB Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., CMA., CA, Wakil Dekan I Dr. Wisnu Wibowo, SE., M.Si. Wakil Dekan III Dr. Ahmad rizki Sridadi, SH., MH., MM. Prof. Dr. Sri Herianingrum, S.E., M.Si. Sulistya Rusgianto, S.E., MIF. Dan Dian Filianti, S.E., M. Acc.
Kegiatan dibuka dengan sambutan dan penerimaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sri Herianingrum, S.E., M.Si. beliau menyampaikan bahwa FEB UNAIR sangat terbuka untuk siapapun dan dengan senang hati menerima kunjungan dari FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta. FEB UNAIR berharap kunjungan atau silaturahmi ini nantinya akan terus berlanjut, agar antara kedua institusi ini dapat saling belajar dan kedepannya bisa melaksanakan kerjasama kolaboratif antara FEB UNAIR dan FEBI UIN Raden Mas Said.
Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan FEBI yang disampaikan oleh Dr. M. Rahmawan Arifin, S.E., M.Si., Dekan FEBI mngucapkan terima kasih atas penerimaan dari FEB UNAIR dengan kedatangan tim dari Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Raden Mas Said untuk melaksanakan benchmarking. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa kehadiran FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta Ke FEB UNAIR adalah dalam rangka belajar dan menggali lebih dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pengembangan serta penguatan Prodi Ekonomi Islam di FEB UNAIR dari berbagai aspek, kurikulum, profil lulusan, mahasiswa, SDM, laboratorium, dan lain sebagainya, termasuk apa saja yang menjadi pembeda dan ekselensi dari Prodi Ekonomi Islam Di FEB UNAIR ini. Dekan FEBI juga menyampaikan bahwa salah satu ciri khas dan keunikan dari Prodi Ekonomi Syariah yang akan dikembangkan nantinya adalah bahwa Prodi Ekonomi Syariah akan didesain agar mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dapat selesai studi di semester 7 atau kurang dari 4 tahun masa kuliah. Pada tugas akhir, mahasiswa tidak lagi diminta untuk membuat skripsi, namun diganti dengan publikasi ilmiah dengan menggunakan bahasa asing yaitu Inggris dan Arab.
Beliau melanjutkan, bahwa Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Raden Mas Said merupakan Prodi baru, yang baru saja dibuka tahun ini dengan kuota 1 kelas dengan jumlah 42 mahasiswa. Minat dan antusiasme mahasiswa yang melakukan pendaftaran di Prodi Ekonomi Syariah cukup tinggi, dari data yang didapatkan, jumlah peminat yang memilih Prodi Ekonomi Syariah kurang lebih berjumlah sekitar 200an mahasiswa, namun karena FEBI masih dalam proses pengembangan Prodi Ekonomi Syariah, sehingga FEBI membatasi jumlah kelas dan mahasiswa yang diterima.
Harapannya dengan berkunjungnya FEBI UIN Raden Mas Said ke FEB UNAIR, FEBI dapat banyak belajar dan mencontoh kesuksesa FEB UNAIR dalam mengelola dan mengembangkan Prodi Ekonomi Islam, sehingga ke depan Prodi Ekonomi Syariah akan lebih siap untuk menerima Mahasiswa baru dan dapat mendampingi mahasiswa ke gerbang kesuksesan.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Kurikulum, Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Ekonomi Islam FEB UNAIR yang disampaikan oleh Dian Filianti, S.E., M. Acc. Dan diakhiri dengan sesi diskusi yang didampingi oleh Sulistya Rusgianto, S.E., MIF. Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Dekan FEBI UIN Raden Mas Said, Dekan menyampaikan kunjungan FEBI hari Ini Ke FEB UNAIR sangatlah luar biasa, karena FEBI tidak hanya mendapatkan knowledge, melainkan juga mendapatkan banyak inspirasi. Dekan juga menyampaikan harapan ke depan bahwa Prodi Ekonomi Syariah secara khusus dan FEBI UIN Raden Mas said secara umum dapat melaksanakan kolaborasi dan dapat bersinergi dalam mengembangkan Program Studi Ekonomi Islam dan dalam keilmuan Ekonomi Islam.

FEBI News

Tim Official Berita FEBI IAIN Surakarta @2020

Leave Your Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Alamat

Jl. Pandawa No.14, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

Layanan Akademik

Senin – Jumat
08:00  – 15 :00 WIB

If you have any question, feel free to contact us

Newsletter

Join our newsletter for latest Updates
[mc4wp_form id="625"]